Produk Pangan di Lima Pasar Tradisional di Jaktim Bebas Zat Berbahaya

Reporter : Nurito | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 06 April 2021 15:11 WIB | Dibaca 616 kali
Produk Pangan di Lima Pasar Tradisional di Jaktim Bebas Zat Berbahaya (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, tidak menemukan produk pangan yang mengandung zat kimia berbahaya saat melakukan pengawasan di lima pasar tradisional, Selasa (6/4).

" Total ada 243 sampel yang kita periksa dari lima pasar"

Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Yuli Absari mengatakan, dari total 243 sampel produk pertanian, peternakan dan perikanan yang diperiksa di lima pasar tradisional tersebut seluruhnya negatif mengandung rodhamin, boraks, formalin dan zat kimia berbahaya lainnya.

"Total ada 243 sampel yang kita periksa dari lima pasar. Terdiri produk pertanian 112 sampel, peternakan 36 sampel dan perikanan 95 sampel. Saat diperiksa di laboratorium seluruhnya hasilnya negatif," kata Yuli.

Dia menjelaskan, pihaknya dibantu personel Satpol PP, TNI dan Polri serta unsur terkait lainnya melakukan pemeriksaan di Pasar Jatinegara, Ampera, Rawamangun, Jambul dan Pasar Palmeriam.

Produk pertanian yang diperiksa, jelas Yuli, berupa sayur mayur dan buah-buahan. Kemudian produk peternakan berupa daging ayam dan sapi. Sedangkan produk perikanan berupa ikan segar, ikan asin dan produk olahan berbahan baku ikan.

"Pengawasan akan kami lakukan saat puasa hingga Idul Fitri nanti," pungkasnya.

TOP