Kelurahan Koja Gencarkan Edukasi dan Layanan Vaksinasi COVID-19

Sabtu, 20 Maret 2021 13:34 Rezki Apriliya Iskandar 1511

(Foto: Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id)

Kelurahan Koja, Jakarta Utara terus menggencarkan edukasi dan layanan vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia).

Sampai saat ini sudah sekitar 400 orang dari 16.000 warga lansia di Kelurahan Koja yang sudah menjalani vaksinasi,

Lurah Koja, Frimelda Novarita mengungkapkan, awalnya tak sedikit warga lansia di wilayahnya yang menolak vaksinasi COVID-19 karena termakan isu hoax yang beredar di media sosial.

"Makanya kami bersama pihak puskesmas dan para kader terus menggencarkan edukasi dan sosialisasi bahwa vaksinasi yang saat ini tengah berlangsung dipastikan aman. Lama kelamaan upaya yang kami lakukan membuahkan hasil karena para lansia menyadari pentingnya vaksinasi COVID-19 sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujar Frimelda, Sabtu (20/3).

Tak hanya itu, sambung Frimelda, saat ini pihaknya juga memberikan kemudahan berupa fasilitas antar jemput bagi para lansia ke puskesmas untuk mendapatkan layanan vaksinasi. Antar jemput dilakukan menggunakan kendaraan dinas operasional milik kelurahan dan Satpol PP.

"Sampai saat ini sudah sekitar 400 orang dari 16.000 warga lansia di Kelurahan Koja yang sudah menjalani vaksinasi. Kita juga rencananya akan membuka vaksinasi dinamis di Kantor Kelurahan Koja pekan depan," ucapnya.

Sementara itu, Johani (65), salah satu warga lansia Kelurahan Koja yang sudah divaksin COVID-19 mengaku pernah khawatir terhadap vaksinasi. Namun, setelah dirinya mendapat sosialisasi dan mendengar langsung testimoni lansia lainnya yang telah divaksin menyebutkan vaksin tersebut aman, dirinya kini semakin yakin dan berkeinginan untuk divaksin COVID-19.

"Alhamdulillah saya sudah divaksin. Ternyata tidak ada rasa apa-apa dan badan biasa-biasa saja. Untuk lansia lainnya, ayo kita sukseskan program vaksinasi agar terhindar dari penyebaran COVID-19," tandasnya.