Sudin Pusip Jaksel Distribusikan 500 Buka Bacaan ke Lima Kelurahan

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 05 Maret 2021 21:20 WIB | Dibaca 1233 kali
Sudin Pusip Jaksel Distribusikan 500 Buka Bacaan ke Lima Kelurahan (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Selatan, mendistribusikan 500 eksemplar buku bacaan berbagai judul ke lima kelurahan.  

" Menumbuhkan minat dan budaya baca di masyarakat.  "

Kasudin Pusip Jakarta Selatan, Evita Dwi Saiverda mengatakan, distribusi buku bacaan ini merupakan pelaksanaan program Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) yang bertujuan menumbuhkan minat dan budaya baca di masyarakat.  

Evita menambahkan, lima kelurahan yang sudah mendapat distribusi buku pada 1 hingga 14 Maret 2021, adalah Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak Barat, Duren Tiga, Pancoran dan Gandaria Utara. Setiap kelurahan mendapat jatah 100 buku.

"Ini untuk menumbuhkan minat baca dan memudahkan masyarakat mendapatkan buku bacaan di masa pandemi saat ini," ujarnya, Jumat 5/3).

Dalam pelaksanaan program IKRA ini, jelas Evita, peserta diberikan pinjaman buku selama 14 hari yang disalurkan oleh TP PKK kelurahan. Selanjutnya setelah membaca peserta dapat membuat ringkasan dari hasil bacaannya atau menceritakannya kembali kepada anggota keluarga yang lain.

"Hasil dokumentasi dapat berupa ringkasan, foto, dan video kegiatan IKRA di rumah masing-masing," beber Evita.

Untuk selanjutnya, jelas Evita, program IKRA akan dilakukan di Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Pesanggrahan, Petogogan dan Petukangan Selatan. Kemudian, Kelurahan Bukit Duri, Cipulir, Grogol Utara, Manggarai dan Pasar Minggu. Disusul kemudian, Kelurahan Jagakarsa, Menteng Atas, Ragunan, Setia Budi, dan Srengseng Sawah.

Evita berharap, seluruh anggota keluarga dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan membaca secara mandiri atau bersama-sama.

"Kami harapkan, hingga akhir 2021 setidaknya terdapat 800 keluarga yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan IKRA di Jakarta Selatan,"tandasnya.

TOP