TP PKK Jakut Gelar Pelatihan Aplikasi iPosyandu

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Erikyanri Maulana | Rabu, 03 Maret 2021 21:16 WIB | Dibaca 785 kali
TP PKK Jakut Gelar Pelatihan Aplikasi iPosyandu (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Utara bekerja sama dengan PT Astra Internasional Tbk mengadakan kegiatan pelatihan aplikasi berbasis Android, iPosyandu, bagi kader PKK dan pengelola RPTRA, Rabu (3/3). Pelatihan ini digelar secara online dan offline di Ruang Fatahillah, Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

"Adanya aplikasi tersebut dapat mempermudah para kader posyandu untuk pengisian data bayi, balita, ibu hamil, ibu melahirkan, wanita usia subur, pasangan usia subur dan lainnya sehingga lebih tertib administrasi, "

Aplikasi iPosyandu merupakan program CSR dari PT Astra Internasional Tbk yang telah dioperasikan pertama kali oleh Posyandu Melati 2, Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok.

"Adanya aplikasi tersebut dapat mempermudah para kader posyandu untuk pengisian data bayi, balita, ibu hamil, ibu melahirkan, wanita usia subur, pasangan usia subur dan lainnya sehingga lebih tertib administrasi," ujar Tati Nurbaeti, Sekretaris TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (3/3).

Tati berharap, kegiatan pelatihan iPosyandu dapat meningkatkan wawasan para kader Pokja 4 TP PKK di wilayah Jakarta Utara. Para peserta pelatihan diharapkan bisa membagikan ilmunya kepada kader PKK yang lain.

Selanjutnya, para peserta akan menjadi narasumber di wilayahnya masing-masing untuk mentransfer ilmunya tentang aplikasi iPosyandu.

Nantinya hasil penginputan data Posyandu melalui aplikasi iPosyandu juga bisa diunduh untuk pelaporan ke Puskesmas dan PKK Kelurahan.

"Pelatihan yang pertama secara online dihadiri 400 peserta. Untuk yang kedua secara offline hanya 15 peserta dan narasumbernya memberikan materi secara online," tandasnya.

TOP