Gugus COVID-19 RW 03 Pondok Labu Siapkan Gedung Isolasi Mandiri

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 15 Januari 2021 21:35 WIB | Dibaca 1642 kali
Gugus COVID-19 RW 03 Pondok Labu Siapkan Gedung Isolasi Mandiri (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Gugus COVID-19 RW 03, Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, sediakan gedung untuk isolasi jika ada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Gedung itu disiapkan untuk antisipasi bila Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan penuh "

Sekretaris RW 03, Kelurahan Pondok Labu, Moch Yahya mengatakan, penyediaan gedung isolasi ini merupakan inisiatif warga dikoordinir Ketua RW 03, Entong Safei, dengan melibatkan 14 ketua RT, Karang Taruna, FKDM dan dibantu petugas Puskesmas kelurahan.

"Gedung itu disiapkan untuk antisipasi bila Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan penuh," katanya, Jumat (15/1).

Yahya mengungkapkan, pemanfaatan Gedung Sasana Krida Karang Taruna di Jalan Bango III  sebagai tempat isolasi mandiri ini sudah mendapat izin dari Sudin Sosial Jakarta Selatan.

Gedung ini, beber Yahya, memiliki fasilitas lima bed dengan jarak tiap bed dua meter. Kemudian wadah tempat pakaian, sendal jepit, keset, tissue serta hands sanitaiser. Haaman gedung yang luas juga dapat dimanfaatkan untuk berjemur dan olahraga.

"Untuk makanannya, kami sudah siapkan swadaya dari warga dan bantuan dari CSR. Selain itu juga tenaga medis dari Puskesmas Kelurahan yang siaga bila diperlukan,"ucapnya.

Lurah Pondok Labu, Nurul Baiti, mendukung sepenuhkan upaya yang dilakukan warga RW 03 yang membentuk Gugus COVID-19 untuk membantu warga yang terpapar COVID-19.

Menrut Nurul, selain menyiapkan gedung Gugus COVID-19 RW 03 juga intens membantu pihak kelurahan melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada warganya.

"Ini contoh wujud keperdulian terhadap sesama untuk saling membantu dan menolong," tandasnya.

TOP