Gugus Tugas COVID-19 RW 04 Pulau Kelapa Terus Tingkatkan Sinergisitas

Reporter : Suparni | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 14 Januari 2021 15:21 WIB | Dibaca 402 kali
Gugus Tugas COVID-19 RW 04 Pulau Kelapa Terus Tingkatkan Sinergisitas (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Gugus Tugas COVID-19 RW 04, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu terus meningkatkan sinergisitas atau kemitraan dengan unsur masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar upaya preventif maupun penanganan COVID-19 berjalan optimal.

" "

Ketua Gugus Tugas COVID-19 RW 04, Kelurahan Pulau Kelapa, Khairul Waroh mengatakan, unsur-unsur kemasyarakatan seperti, pengurus RT, kader PKK, karang taruna, posyandu, LMK, FKDM, hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat menjadi mitra strategis dalam melakukan sosialisasi dan mengedukasi warga untuk terus mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran COVID-19.

"Tidak henti-hentinya kami meminta warga agar disiplin memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan  tidak membuat maupun menjauhi kerumuman," ujarnya, Kamis (14/1).

Khairul menjelaskan, dengan didampingi aparatur kelurahan setempat, Gugus Tugas COVID-19 RW 04 secara rutin melakukan pengawasan kepatuhan prokes di tempat-tempat umum dan di perbatasan wilayah seperti di dermaga dan taman.

"Selain sosialisasi dan edukasi, adanya penindakan tegas dengan pemberian sanksi cukup efektif dalam memberikan efek jera agar warga mematuhi prokes," terangnya.

Ia menambahkan, komunikasi.intensif juga terus dilakukan dengan pihak puskesmas. Sehingga, saat ada warga terpapar COVID-19 bisa dilakukan penanganan cepat dan tepat agar tidak meluas.

"Pada masa awal pandemi ada lima warga kami terpapar COVID-19. Ini menjadi pelajaran berharga, sejak itu warga semakin tertib dan tidak ada lagi yang terpapar COVID-19," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Kelapa, Madi Moh Dali mengapresiasi Gugus Tugas COVID-19 RW 04 dan warganya yang terlibat aktif dalam melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19 melalui pengawasan mandiri maupun terpadu.

"Kami mengapresiasi keterlibatan aktif warga dalam upaya mencegah penyebaran virus corona di wilayahnya dengan tetap berkoordinasi secara baik dengan semua pihak," tandasnya. 

TOP