Ketersediaan Stok Tahu Tempe di Jakut Dipastikan Aman

Senin, 04 Januari 2021 17:26 Budhi Firmansyah Surapati 1172

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pemantauan ketersediaan pangan tahu dan tempe di Jakarta Utara. Dari sejumlah pasar di empat kecamatan yang dipantau, produk pangan tahu dan tempe dipastikan aman.

Secara umum bisa dikatakan ketersediaan tahu tempe di Jakarta Utara masih aman

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, pengawasan produk pangan tahu dan tempe dilaksanakan di Pasar Pluit dan Teluk Gong Kecamatan Penjaringan, Pasar Inpres dan Pasar Mandiri Kecamatan Kelapa Gading serta Pasar Koja Baru dan Pasar Pademangan Barat.

"Secara umum bisa dikatakan ketersediaan tahu tempe di Jakarta Utara masih aman," ujarnya, Senin (4/1).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menjelaskan, pengawasan lapangan dilaksanakan di seluruh wilayah Ibu Kota.

"Memang faktanya di lapangan teman-teman mendapati ada penyesuaian harga tahu dan tempe dengan kisaran sekitar Rp 2 ribu," terangnya.

Eli menambahkan, saat ini pihaknya terus berkordinasi dengan unsur terkait agar ketersediaan tahu tempe di pasaran tetap terjaga. Sebagai tindak lanjut hal tersebut, pengawasan terus dilaksanakan hingga akhir Januari mendatang.

"Ketersediaan bahan baku kedelai saat ini hanya sekitar 25 persen saja dan selebihnya impor. Ini yang sedang dicari solusinya agar segera teratasi," tandasnya.