Jakpro Borong Penghargaan IT Works Top Digital Award 2020

Kamis, 24 Desember 2020 14:57 Wuri Setyaningsih 1611

(Foto: Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id)

PT Jakarta Propertindo (Jakpro/Perseroda) berhasil meraih empat penghargaan di bidang inovasi digital dalam acara IT Works Top Digital Awards 2020.

IT Works Top Digital Award 2020 merupakan salah satu ajang penghargaan bergengsi tahunan di dunia bisnis dan IT Indonesia,

Keempat penghargaan tersebut yakni, TOP Leader on Digital Implementation 2020 yang diraih Direktur Utama PT Jakpro (Perseroda), Dwi Wahyu Daryoto. Penghargaan kedua, TOP Digital Implementation 2020 on Infrastructure Sector Level Stars 4 atau Bintang Empat. Penghargaan ketiga, TOP Digital Transformation Readiness 2020 dan penghargaan keempat, untuk kategori TOP Digital Special Recognition 2020 on Digitalized Business Operations.

"IT Works Top Digital Award 2020 merupakan salah satu ajang penghargaan bergengsi tahunan di dunia bisnis dan IT Indonesia. Melewati proses seleksi dan penjurian yang ketat, yang dilaksanakan secara online pada bulan 10 November 2020 dengan dewan juri Thendr Supriatno dan Melani Hariman, sebelumnya Jakpro terlebih dahulu mengirimkan kuisioner sebagai salah satu kelengkapan penjurian," ujar Dwi Wahyu Daryoto, Dirut PT Jakpro (Perseroda), dalam keterangan tertulis yang diterima Beritajakarta.id, Kamis (24/12).

Corporate Communications Manager PT Jakpro (Perseroda), Melisa S Sjach mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk nyata komitmen Jakpro untuk memperkuat lini bisnis melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan teknologi pula, menurut Melisa, memudahkan perusahaan untuk mengimplementasikan pengawasan di lapangan secara real time dan terukur selama ini.

"Ini juga sejalan dengan upaya Jakpro yang terus bertransformasi sebagai perusahaan terdepan di Indonesia maupun Asia Tenggara. Dalam proses manajemen proyek, ia mencontohkan Jakpro telah mengembangkan system monitoring actual berbasis digital melalui Digital Control Tower (DCT)," katanya.

Ditambahkan Melisa, inovasi yang diikutsertakan PT Jakpro (Perseroda) yakni sistem Enterprise Resource Planning (ERP), Jakpro Document Management System (JDMS), Aplikasi PEDULI, Building Information Modelling (BIM) dan Digital Control Tower.

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fungsi manajemen ke dalam sebuah sistem yang saling terintegrasi dan memfasilitasi informasi pada fungsi manajemen. Keunggulan perangkat lunak ini, yakni fitur sistem yang berbasis cloud, sehingga dari keamanan lebih aman dan maintenance lebih mudah. Kemudian, sistem ini lebih fleksibel yang mudah digunakan dan dapat kustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Sedangkan Jakpro Document Management System (JDMS) adalah inovasi yang memanfaatkan teknologi informasi dalam persuratan dan pengarsipan untuk menunjang kebutuhan proses administrasi internal perusahaan secara berkelanjutan. Adapun manfaatnya untuk perusahaan seperti: efisien, praktis, dan cepat. Melalui JDMS, dokumen dan arsip terdokumentasi dengan aman, ramah lingkungan, dan hemat biaya.

Kemudian, aplikasi PEDULI atau Pengamatan dan Usaha Pengendalian berfungsi untuk pengamatan dan usaha pengendalian kesehatan, keselamatan kerja, dan lindung lingkungan atau biasa disingkat (K3LL) yang berbasis digital.

Lalu, sistem aplikasi Building Information Modelling (BIM) yang diterapkan untuk memonitoring proses pengerjaan mega proyek Jakarta International Stadium (JIS) serta revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Implementasi BIM pada pengerjaan proyek JIS maupun revitalisasi TIM terutama dimanfaatkan untuk integration model, scheduling & sequencing, estimating, monitoring & controlling.

"Semoga ini menjadi penyemangat buat kami untuk menghasilkan inovasi-inovasi terbaik untuk kota Jakarta," tandasnya.