Pemprov DKI Luncurkan JakartaProv-CSIRT

Rabu, 23 Desember 2020 21:18 Rezki Apriliya Iskandar 1599

(Foto: - Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) meluncurkan JakartaProv-CSIRT (Computer Security Incident Response Team) di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta

Melalui JakartaProv-CISRT, Pemprov DKI Jakarta berupaya merespon insiden keamanan

JakartaProv-CISRT merupakan CSIRT sektor Pemprov DKI Jakarta yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Sekretaris Daerah Nomor 41 Tahun 2020 tentang Computer Security Incident Response Team.

Penjabat Sekretaris Daerah (PJ Sekda) DKI Jakarta, Sri Haryati menyampaikan, pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini secara tidak langsung mempercepat proses transformasi digital. Hal ini ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang kian meningkat signifikan.

Kondisi itu harus pula didukung dengan langkah pengamanan. Sebagai salah satu bentuk keseriusan dalam mengantisipasi serangan siber, Pemprov DKI Jakarta membentuk JakartaProv-CISRT.

"Melalui JakartaProv-CISRT, Pemprov DKI Jakarta berupaya merespon insiden keamanan yang terjadi dengan membangun, mengkoordinasikan, mengolaborasi dan mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber pada Pemprov DKI Jakarta," ujar Sri, Rabu (23/12).

Sri juga menekankan, JakartaProv-CISRT merupakan kontribusi langsung dari Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga keamanan siber. 

"Melalui pembentukan JakartaProv-CISRT diharapkan terbangun kemandirian serta kesiapsiagaan Pemprov DKI Jakarta dalam menghadapi ancaman dan insiden serta mampu menyelesaikan insiden agar dapat dilakukan secara efisien dan efektif," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania menambahkan, penunjukan Pemprov DKI Jakarta oleh BSSN sebagai pilot project CISRT merupakan suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

"Kami berharap adanya kolaborasi dan dukungan pihak eksternal BSSN, akademi IT security, principal IT security, para ahli IT security serta semua pihak yang terlibat dapat merespon insiden keamanan informasi dengan cepat dan baik," tuturnya.

Koordinator Kelompok Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah I BSSN, Sriyanto menyampaikan apresiasinya atas peluncuran JakartaProv-CSIRT. Ke depan, pihaknya akan secara rutin dan berkelanjutan meningkatkan kompetensi pengelola CISRT di seluruh pemerintah daerah di Indonesia termasuk Provinsi DKI Jakarta.

"Kami sangat berharap kepada teman-teman di Diskominfotik untuk bekerja sama dengan CISRT yang lain dan juga kepada BSSN," tandasnya.