PT MRT Jakarta - MAPID Lakukan Survei Perilaku Pengguna

Senin, 07 Desember 2020 15:17 Reporter : Wuri Setyaningsih Editor : Erikyanri Maulana 1312

(Foto: doc - Beritajakarta.id)

Melalui program MRTJ Accel, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan MAPID melakukan survei kepada pengguna jasa MRT Jakarta. Survei meliputi aspek demografi, perilaku, dan rekomendasi tempat.

Survei telah dimulai pada Senin, 23 November 2020 secara daring,

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar mengatakan, survei dilakukan untuk mendukung rencana PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam mengembangkan bisnis berbasis Kawasan Berorientasi Transit (Transit Oriented Development).

"Survei telah dimulai pada Senin, 23 November 2020 secara daring menggunakan salah satu produk yang dikembangkan oleh MAPID, yaitu FORM MAPID," ujar William, Senin (7/12).

Dikatakan William, survei tersebut sebagai bentuk dukungan PT MRT Jakarta (Perseroda) terhadap pertumbuhan perusahaan rintisan di Jakarta, bekerja sama dengan 10 perusahaan rintisan, salah satunya ialah MAPID.

"MRTJ Accel melihat MAPID sebagai startup yang berfokus pada geospatial data dan ini bisa menunjang visualisasi data ekosistem MRT dan predictive analysis dalam pengambilan keputusan," katanya.

Survei yang dilakukan ini untuk mengetahui demografi, perilaku, dan tempat yang kerap dikunjungi pengguna jasa MRT Jakarta. Pengumpulan data ini akan menjadi dasar pengambilan keputusan strategis, salah satunya dalam pengembangan bisnis di kawasan TOD.

Lebih dari 350 orang responden, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas pengguna jasa MRT Jakarta menggunakan transportasi daring untuk berangkat menuju dan dari stasiun MRT Jakarta terdekat. Selain itu, alasan menjatuhkan pilihan menggunakan MRT Jakarta karena kemudahan menggunakan layanannya.

CEO MAPID, Bagus Imam Darmawan menambahkan, Saat ini, salah satu sumber daya yang sangat berharga adalah data. Data dapat membantu menyediakan dasar-dasar untuk menentukan keputusan strategis di berbagai sektor industri.



"Hampir semua data yang ada berbasis lokasi, atau disebut juga data geospasial. MAPID merupakan platform Sistem Informasi Geospasial yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna dalam pengumpulan, pengelolaan, visualisasi hingga analisis spasial," tuturnya.



Caranya cukup dengan mengunjungi mapid.io atau mengunduh di ponsel pintar, MAPID membantu pengguna untuk lebih memahami pentingnya data berbasis lokasi dengan menghadirkan visual peta yang menarik. Dilengkapi dengan resume statistik, pengguna dapat mengetahui informasi secara lebih aktual berdasarkan data yang ada.

Melalui fitur ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) dapat mengetahui data sebaran bisnis dan pengguna di sekitar stasiun MRT dalam bentuk peta. Hal ini akan sangat membantu PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam pengambilan keputusan, khususnya pengambilan keputusan terkait dengan pengembangan bisnis berbasis Kawasan Berorientasi Transit atau Transit Oriented Development (TOD).