PD PAL Jaya Gelar Webinar Bahas Sanitasi Masjid

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Andry | Kamis, 12 November 2020 18:28 WIB | Dibaca 986 kali
PD PAL Jaya Gelar Webinar Bahas Sanitasi Masjid (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

PD PAL Jaya menggelar webinar Peduli Lingkungan Masjid bersama Baznas Bazis DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta. Webinar kali ini diikuti masing-masing perwakilan dari lembaga dan direksi PD PAL Jaya.

" Kami ingin masjid di Jakarta ramah lingkungan dengan program Masjid Hijau"

Pejabat Sementara (PJS) Direktur Utama, Hidayat Sigit Suryanto mengatakan, webinar ini baru pertama kali dilakukan dengan Baznas Bazis DKI Jakarta dan DMI. Kegiatan ini juga lanjutan dari kerja sama untuk menjadikan lingkungan masjid lebih baik dengan pengelolaan limbah yang tepat.

"Kami mengundang DMI dari lima wilayah di Jakarta. Kami kampanyekan ke meraka secara langsung dengan melihat apa yang dibutuhkan dan kendalanya," ujarnya, Kamis (12/11).

Sigit mengungkapkan, selama periode 2018 hingga 2020, tercatat sudah 141 masjid di wilayah Ibu Kota yang sudah dilakukan penyedotan limbah. Sementara di 2020, baru 82 masjid yang telah dibersihkan dari limbah.

"Kami ingin masjid di Jakarta ramah lingkungan dengan program Masjid Hijau. Ke depan kita akan melakukan pelatihan bagi DMI agar bisa menularkan ilmunya ke masyarakat," akunya.

Sementara itu, Ketua DMI DKI Jakarta Ma'mun Al Ayyubi mengapresiasi kegiatan webinar ini. Menurutnya, ada 3.900 masjid dan 8.000 musala yang memerlukan perhatian bersama.

"Mudah-mudahan dengan webinar ini ada program-program yang bisa dilakukan ke depan. Banyak yang bisa kita lakukan di tempat ibadah seperti menjaga kebersihan masjid," tandasnya.

TOP