Pelayanan Administrasi Kependudukan di Jakut Terapkan Protokol Kesehatan

Jumat, 12 Juni 2020 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 14928

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Jakut Terapkan Protokol Kesehatan

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara, kembali membuka loket pelayanan tatap muka bagi masyarakat yang hendak mengurus dokumen administrasi kependudukan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID 19.

Kapasitas layanan normal biasanya 100-200 orang per hari, sekarang hanya 50-100 orang

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara, Edward Idris mengatakan, sejak diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) 10 April lalu, layanan tatap muka tidak dioperasionalkan. Baru setelah masa transisi ini pihaknya kembali membuka layanan. 

"Walaupun loket pelayanan telah dibuka, kita imbau masyarakat untuk menggunakan layanan kependudukan daring via Alpukat Betawi atau WhatsApp," katanya, Jumat (12/6).

Dijelaskan Edward, penerapan protokol kesehatan di loket layanan di antaranya dengan mengatur kepadatan ruangan 50 persen dari kapasitas, pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan, jaga jarak dan mewajibkan penggunaan masker bagi warga yang ingin mengakses layanan. 

Secara teknis, pengaturan antrian layanan tatap muka membatasi jumlah orang yang berada di ruang tunggu hanya 20 orang. Selebihnya, harus menunggu di halaman kantor sampai nomor antriannya dipanggil petugas. 

"Kapasitas layanan normal biasanya 100-200 orang per hari, sekarang hanya 50-100 orang. Jika masih ada waktu, baru kita buka tambahan," terangnya.

Selama dibukanya loket pelayanan tatap muka banyak warga yang datang untuk mendapatkan layanan aktivasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 

Sebagai langkah antisipasi lonjakan pemohon yang akan mengurus aktivasi NIK, ia akan menerjunkan petugas Dukcapil untuk piket di Posko PPDB SMKN 12 Kelurahan Kebon Bawang dan SMPN 30 Kelurahan Rawa Badak Selatan mulai Senin (15/6) hingga Kamis (9/7) mendatang. 

Ia menjelaskan, warga juga dapat melakukan aktivasi NIK dalam PPDB melalui Layanan Halo Dukcapil Kemendagri dengan call center 1500537 dan nomor WhatsApp 08118005373.

"Layanan aktivasi NIK bisa via online, WhatsApp atau kalau mau datang ke Sudin Dukcapil Jakarta Utara cukup serahkan berkas dan nomor telepon saja. Tunggu waktu aktivasi hingga 2x24 jam," pungkasnya.  

BERITA TERKAIT
 Sudin Dukcapil Jaksel Cetak 138.023 E-KTP

Sudin Dukcapil Jaksel Cetak 138.023 E-KTP

Selasa, 19 Mei 2020 3253

Wagub DKI Minta Lurah dan Camat Gambir Untuk Tingkatkan Pelayanan

Wagub Minta Lurah se-Kecamatan Gambir Tingkatkan Pelayanan

Kamis, 11 Juni 2020 2394

BERITA POPULER
Awan tebal menggelayut di langit Jakarta

BPBD Ingatkan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari ke Depan

Kamis, 11 September 2025 3216

Website Produk RW Dinas Dukcapil Hadirkan Data Kependudukan

Website ‘Produk RW’ Hadirkan Data Kependudukan Hingga Tingkat RT

Jumat, 12 September 2025 2864

Rano Karno memberikan kata sambutan pada pembukaan Canisius Expo 2025

Rano Karno: Budaya Bisa Jadi Kekuatan Persatuan Jakarta

Sabtu, 13 September 2025 2494

Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung menyampaikan komitmen Pemerintah

Pramono Minta Pekerjaan Galian Terkoordinasi

Kamis, 11 September 2025 3101

Acara Launching MPP Digital dan Diseminasi Penyampaian LKPM

UP PM-PTSP Duren Sawit Luncurkan MPP Digital

Kamis, 11 September 2025 2964

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks