Infrastruktur Pengendali Genangan di Kawasan Kelapa Gading akan Ditambah

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 06 Maret 2019 12:52 WIB | Dibaca 960 kali
Infrastruktur Pengendali Genangan di Kawasan Kelapa Gading akan Ditambah (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, akan menambah infrasruktur pengendali genangan di Jl Raya Boulevard Gading Raya, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Infrastruktur yang bakal dibangun berupa, saluran gendong di Kali BGR, kolam olakan dan rumah pompa.

" Saat ini, proses pembangunan rumah pompa berikut kolam olakan sudah memasuki tahap lelang."

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Utara, Santo mengatakan, saluran gendong di Kali BGR akan dibuat dengan ukuran sekitar 80 sentimeter dan kedalaman sekitar dua meter. Pengerjaan pembangunan saluran di kedua sisi tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini.

"Saat ini, proses pembangunan rumah pompa berikut kolam olakan sudah memasuki tahap lelang," ujar Santo, Rabu (6/3).

Kemudian, pihak Suku Dinas SDA Jakarta Utara akan melakukan pembangunan kolam penampungan atau olakan dan rumah pompa di tahun 2019. Saat ini, proses pembangunan rumah pompa berikut olakan sudah memasuki tahap lelang.

Selain penambahan infrastruktur, jelas Santoso, Pemkot Jakut juga berencana melakukan penataan bantaran Kali BGR dengan membangun public space berupa taman, pedestrian dan pusat kuliner.  

"Tapi soal penataan ini akan dibahas dulu di tingkat kota," kilahnya.

Lurah Kelapa Gading Barat, Suci Cintya Pola, optimis penambahan infrastruktur ini bisa mengatasi persoalan genangan di kawasan Jl Boulevard Barat Kelapa Gading. Dia juga mendukung rencana pembangunan public space di bagian bagian barat Kali BGR.

"Rencana mengakomodir kuliner malam hari sudah tepat. Sehingga para PKM kuliner bisa kita tampung di sana dan bisa memperkuat pemberdayaan ekonomi," tandasnya.

TOP