Warga Pulau Lancang Dilatih Cara Atasi Kebakaran

Selasa, 19 Februari 2019 14:15 Suparni 1017

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Sebanyak 20 warga dan pengelola RPTRA Kelurahan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan diberikan pelatihan cara mengatasi dan pencegahan kebakaran oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu di Pos Pemadam Pulau Lancang.

Pelatihan penanggulangan dan sosialisasi kebakaran ini diharapkan dapat mengurangi angka kebakaran di Kepulauan Seribu

Kepala Sektor 8 Kepulauan Seribu Selatan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendro memaparkan, biasanya kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik sehingga warga dihimbau agar menggunakan peralatan listrik standar nasional dan tidak menumpuk colokan listrik.

"Pelatihan penanggulangan dan sosialisasi kebakaran ini diharapkan dapat mengurangi angka kebakaran di Kepulauan Seribu," paparnya,  Selasa (19/2).

Ia menambahkan, dalam pelatihan tersebut pihaknya memberikan materi cara mengatasi kebocoran tabung gas, memadamkan api dengan cara tradisional menggunakan karung basah dan cara modern dengan menggunakan APAR.

Sementara itu, Wulan (50) salah satu warga menyampaikan, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi warga. Sebab, warga butuh pengetahuan dan cara penanggulangan dini apabila terjadi kebakaran.

"Kami senang dan mengapresiasi pelatihan serta sosialisasi ini," tandasnya.