Koleksi Buku Sastra di PDS HB Jassin akan Ditambah

Rabu, 30 Januari 2019 20:38 Aldi Geri Lumban Tobing 2262

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta akan menambah koleksi buku sastra di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Kami cari penerbit lain yang rata-rata sastra baru

Buku sastra tersebut rencananya ditambah 5.000 eksemplar dan terdiri dari 1.000 judul.

Kabid Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Dispusip DKI Jakarta, Jeje Nurjaman mengatakan, buku sastra yang akan ditambah tidak hanya terbitan baru. Namun juga terbitan lama dengan judul atau nama-nama sastrawan yang masih populer.

"Makanya selain Balai Pustaka untuk karya-karya lama, kami cari penerbit lain yang rata-rata sastra baru," ujarnya, Rabu (30/1).

Menurut Jeje, sebelum diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, koleksi buku sasta di PDS HB Jassin terbilang sangat terbatas

"HB Jassin itu dulunya yayasan. Karena sudah berlangsung lama, tidak ada lagi buku-buku baru," katanya.

Kepala Satuan Pelaksana Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Diki Lukman Hakim menambahkan, sejak pertengahan Januari 2019, para pustakawan terus mendata dan menyeleksi koleksi buku sastra yang akan ditambah.

Ia mengungkapkan, anggaran yang dialokasikan untuk penambahan 5.000 eksemplar buku sastra ini sekitar Rp 200 juta. Penambahan buku tersebut ditargetkan dapat terealisasi Mei 2019.

"Mei, kami targetkan sudah ada.  Karena pengirimannya sampai ke pembayarannya harus sudah selesai Juni," tandasnya.