Program Si Gareng Puskesmas Cengkareng Raih Penghargaan

Rabu, 25 Mei 2016 Reporter: Folmer Editor: Nani Suherni 8806

Program Si Gareng Puskesmas Cengkareng Raih Penghargaan

(Foto: Folmer)

Puskesmas Kecamatan Cengkareng meraih penghagaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hasil analisa menyatakan bahwa sebagian besar pasien DM tidak paham terhadap kepatuhan berobat

Penghargaan diberikan atas inovasi pelayanan publik sehingga mampu meningkatkan kepatuhan berobat pasien yang mengidap diabetes mellitus (DM) melalui Gendis System di Poli Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Nurmari Wahyu Hapsari mengatakan, berdasarkan data selama tahun 2014, pasien DM yang berobat di Poli PTM sangat rendah hanya sekitar 30 persen.

Melihat itu, tim Gugus Kendali Mutu Puskesmas Cengkareng melakukan inovasi pelayanan Gendis System yang bertujuan dalam upaya pengendalian pasien DM. 

"Hasil analisa menyatakan bahwa sebagian besar pasien DM tidak paham terhadap kepatuhan berobat," ujarnya kepada Beritajakarta.com, Selasa (25/5).

Padahal, jika pasien DM tidak konsisten berobat akan berisiko komplikasi penyakit lainnya seperti jantung, ginjal dan bahkan bisa mengakibatkan kebutaan mata.

Dalam Gendis System dikenal dengan program si Gareng alias Sistem Informasi Gateway Puskesmas Cengkareng berbasis sms.

"Nanti operator akan memberikan nomor antrean pengobatan. Ini sangat membantu untuk memotong waktu antrean sekitar satu jam lamanya dan pasien tidak perlu berlama - lama mengantre di loket," tuturnya.

Pasien yang  ingin berobat cukup mengirimkan sms ke nomor telepon 087809193699. Selanjutnya, operator akan memberikan nomor antrean bagi pasien.

Program si gareng, lanjut Nurmari, juga membantu pasien maupun keluarga agar kembali kontrol pemeriksaan ke poli PTM sekitar dua minggu sekali.

"Operator si Gareng juga wajib mengirimkan pesan sms ke no telepon seluler pasien DM atau keluarganya yang isinya mengingatkan jadwal kontrol ke poli PTM," katanya.

Nurmari menambahkan,  melalui penerapan program si Gareng, kepatuhan pasien DM yang berobat di Poli PTM Puskesmas Cengkareng mengalami peningkatan.  Hingga akhir tahun 2015, angka kepatuhan berobat pasien DM yang semula 30 persen naik menjadi 70 persen.

"Kami juga berencana mengembangkan program Si Gareng untuk pasien ibu hamil dan DBD yang berobat ke Puskesmas Cengkareng," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Sistem SigaReng Dapat Meningkatkan Kedisipilanan Warga

Puskesmas Cengkareng Terapkan SMS Gateway

Senin, 14 Maret 2016 5351

Pintu Air Tinggi, Sejumlah Wilayah Terdampak Banjir Dikirim SMS Blast

BPBD Kirim SMS Blast ke Wilayah Rawan Banjir

Minggu, 28 Februari 2016 4508

SigaReng Tingkatkan Kepatuhan Warga Cek Kesehatan

'Sigareng' Tingkatkan Jumlah Pasien Diabetes Berobat

Senin, 14 Maret 2016 3282

BERITA POPULER
Website Produk RW Dinas Dukcapil Hadirkan Data Kependudukan

Website ‘Produk RW’ Hadirkan Data Kependudukan Hingga Tingkat RT

Jumat, 12 September 2025 3454

Rano Karno memberikan kata sambutan pada pembukaan Canisius Expo 2025

Rano Karno: Budaya Bisa Jadi Kekuatan Persatuan Jakarta

Sabtu, 13 September 2025 3047

Direktur Keuangan dan SDM Perumda Dharma Jaya, Deni Alfianto Amris

Dharma Jaya Tegaskan Komitmen Jaga Transparansi dan Akuntabilitas

Sabtu, 13 September 2025 2837

Dia alat berat digunakan dalam pengerjaan normalisasi Embung Taman Salix

Embung di Taman Salix Dikeruk

Jumat, 12 September 2025 3098

vaksin campak

Respon Cepat Dinkes Atasi Campak Diapresiasi Dewan

Jumat, 12 September 2025 3023

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks