Rabu, 15 Oktober 2025 Reporter: Nurito Editor: Toni Riyanto 171
(Foto: Istimewa)
Sebanyak 44 warga Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur memanfaatkan Layanan Digitalisasi Arsip Keluarga (Lasiga) yang diadakan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Timur melalui sistem jemput bola di halaman Kantor Kelurahan setempat pada 13-14 Oktober 2025.
"Dokumen penting miliknya tersimpan aman"
Melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan arsip keluarga dapat meningkat. Selain melindungi dokumen dari kerusakan, layanan digitalisasi juga menjadi bagian dari upaya pemerintah mewujudkan tata kelola administrasi yang efisien dan ramah lingkungan.
Pelaksana Tugas Kepala Sudin Pusip Jakarta Timur, Fitri Aulia mengatakan, Kelurahan Rawa Terate dipilih sebagai lokasi layanan karena merupakan salah satu wilayah yang kerap tergenang saat musim hujan.
"Melalui ini, masyarakat dapat menyimpan dan mengelola dokumen penting seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah, Surat Nikah, dan dokumen kependudukan lainnya secara aman dan mudah diakses," ujarnya, Rabu (15/10).
Selain digitalisasi, lanjut Fitri, pihaknya juga menyediakan layanan restorasi dokumen bagi warga yang arsipnya rusak akibat banjir. Layanan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan arsip pribadi dan keluarga secara tertib dan berkelanjutan.
"Kami ingin membantu warga agar dokumen penting miliknya tersimpan aman
meski terjadi banjir atau bencana lainnya," terangnya.Sekretaris Kelurahan Rawa Terate, Daniel Wisnu Parulian menjelaskan, kegiatan pada hari pertama difokuskan pada sosialisasi pentingnya arsip digital serta restorasi dokumen keluarga yang rusak yang diikuti 22 warga. Keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan dengan layanan digitalisasi arsip bagi warga yang telah membawa dokumen pribadi.
"Warga sangat antusias mengikuti layanan ini. Setelah sosialisasi, mereka langsung mendapatkan kesempatan untuk mengarsipkan dokumen penting secara digital," ungkapnya
Daniel menyampaikan apresiasi kepada jajaran Sudin Pusip Jakarta Timur atas inisiatif layanan jemput bola tersebut karena sangat membantu masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan rawan tergenang atau banjir.
Sementara itu, Ketua RT 10/05, Kelurahan Rawa Terate, Lasiman yang turut memanfaatkan layanan ini membawa beberapa dokumen penting miliknya seperti ijazah, KTP, dan Kartu Keluarga.
"Kami sangat senang dengan adanya layanan seperti ini. Daerah kami sering tergenang saat hujan, jadi dokumen keluarga berisiko rusak. Sekarang, kami bisa menyimpannya secara digital dengan lebih aman," tandasnya.