Senin, 01 September 2025 Reporter: Nurito Editor: Toni Riyanto 2383
(Foto: Istimewa)
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Budhi Asih, Jakarta Timur, menerapkan perubahan smart emergency service transformasi layanan kesehatan menuju Top Rise20.
"Respons time kurang dari 30 menit"
Direktur RSUD Budhi Asih, Dyah Eko Judihartanti mengatakan, inovasi dilakukan dengan penerapan Smart Emergency Service SOS (SMART Our Services) kepada jajaran pimpinan pelayanan kesehatan se-Jakarta Timur.
"Inovasi ini dirancang untuk mempermudah proses respons rujukan pasien dari fasilitas Kesehatan tingkat pertama (FKTP) secara cepat, aman, dan terintegrasi dengan JakConnected. Sehingga, dapat mempersingkat respons time rujukan pasien IGD," ujar Dyah, Senin (1/9).
Dyah menjelaskan, melalui Smart Emergency Service SOS, proses rujukan pasien dari FKTP seperti Puskesmas dan klinik akan lebih cepat, transparan, dan efisien.
"RSUD Budhi Asih melahirkan pelayanan terbaik berbasis inovasi digital yang membuat respons time kurang dari 30 menit
pihak RSUD dalam memberikan jawaban atas permintaan rujukan yang diterima di JakConnected," terangnya.Ia menambahkan, sistem tersebut juga akan memberikan kemudahan bagi petugas dalam mentransfer data rujukan kepada dokter konsulen.
"Dokter juga dengan mudah dapat memberikan jawaban langsung secara tepat melalui JakConnected," tandasnya.