Dinas Dukcapil DKI Siapkan Call Center Permudah Warga Akses Informasi

Kamis, 07 Agustus 2025 Reporter: Fakhrizal Fakhri Editor: Erikyanri Maulana 2632

Dukcapil DKI Siapkan Call Center Tunggal untuk Permudah Warga Akses Informasi

(Foto: Fakhrizal Fakhri)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta berencana menghadirkan call center tunggal untuk mempermudah warga dalam mengakses informasi dan layanan administrasi kependudukan (adminduk).

"mengandalkan nomor WhatsApp Kasatpel,"

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Denny Wahyu Haryanto mengatakan, selama ini pihaknya belum memiliki pusat layanan informasi terpadu.

"Selama ini kami hanya mengandalkan nomor WhatsApp dari Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) dan Kepala Sektor. Hal ini tentu menyulitkan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi resmi," ujar Denny, Kamis (7/8).

Dikatakan Denny, ketiadaan call center tunggal seringkali menimbulkan kebingungan di kalangan masyarakat. Salah satu contohnya adalah saat warga ingin memastikan kebenaran informasi mengenai aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang belakangan kerap dijadikan sebagai modus kejahatan siber.

Lebih lanjut, Denny menerangkan, pihaknya telah mengajukan permohonan agar nomor 15031 ditetapkan sebagai call center resmi Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

"Kode 031 itu adalah kode untuk wilayah Jakarta. Nomor ini nantinya akan menjadi pusat layanan informasi tunggal bagi masyarakat terkait layanan adminduk," jelasnya.

Denny menargetkan, sistem call center ini dapat mulai diimplementasikan pada tahun 2026. Dengan demikian, diharapkan warga Jakarta dapat lebih mudah dan cepat memperoleh informasi yang dibutuhkan.

"Kami akan memperkuat kegiatan call center ini," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Sudin Dukcapil Jaksel Adakan Layanan di 13 Sekolah Selama Agustus

Sudin Dukcapil Jaksel Adakan Layanan di 13 Sekolah Selama Agustus

Kamis, 07 Agustus 2025 1129

Layanan Adminduk Diberikan Kepada Penyintas Kebakaran Duri Utara

Layanan Adminduk Sasar Penyintas Kebakaran di Duri Utara

Selasa, 22 Juli 2025 477

Pelayanan Adminduk Penyintas Kebakaran Dilakukan Lusa

Pelayanan Adminduk untuk Penyintas Kebakaran Bukit Duri Disiapkan

Sabtu, 19 Juli 2025 824

Pelayanan Adminduk Penyintas Kebakaran Dilakukan Lusa

Pelayanan Adminduk untuk Penyintas Kebakaran Bukit Duri Disiapkan

Sabtu, 19 Juli 2025 824

Sudin Dukcapil Jakpus Gencar Sosialisasi Layanan Pembuatan IKD di Kelurahan

Dukcapil Jakpus Gencar Sosialisasikan Layanan IKD

Jumat, 20 Juni 2025 1050

BERITA POPULER
Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1203

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1082

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1582

Salah satu pelamar kerja yang datang ke Job Fair Disabilitas 2025 di TIM Jakpus

Job Fair Disabilitas 2025 Diakses Warga Luar Jakarta

Senin, 03 November 2025 587

Sejumlah kendaraan melintas saat cuaca hujan di pagi hari

Waspada, Hujan Deras Berpotensi Guyur Jakarta Pagi dan Siang Hari

Minggu, 02 November 2025 849

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks