UP PM-PTSP Rawajati Beri Layanan Solusi Arsitek Gratis Publik

Rabu, 06 Agustus 2025 Reporter: Tiyo Surya Sakti Editor: Toni Riyanto 1375

UP PM-PTSP Gencarkan Layanan SIGAP di Kelurahan Rawajati

(Foto: Folmer)

Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PM-PTSP) Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan memberikan pelayanan Solusi Arsitek Gratis Publik (SIGAP) kepada warga setempat.

"Membantu tercapainya lingkungan yang sehat"

Kepala UP PM-PTSP Kelurahan Rawajati, Isfi Ervitasari mengatakan, saat ini layanan SIGAP diberikan dalam bentuk jasa desain Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Rumah Tinggal yang termasuk dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

"Layanan ini kami ciptakan untuk mempermudah dan membantu tercapainya lingkungan yang sehat, khususnya di Kelurahan Rawajati," ujarnya, Rabu (6/8). 

Isfi menjelaskan, SIGAP yang merupakan salah satu inovasi terbaru UP PM-PTSP Kelurahan Rawajati ini dilakukan dengan cara jemput bola menyasar rumah warga yang masih belum mempunyai Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). 

"Pertama kami tinjau, lalu kami juga mengukur dan membuat desain IPAL rumah tinggal, serta kami buatkan Berita Acara Pemeriksaan Lapangan (BAPL)," bebernya. 

Menurutnya, total ada 12 titik atau 123 rumah di RW 03, 04, dan 07 yang akan dibuatkan IPAL melalui program corporate social responsibility (CSR) dari PT PLN (Persero). 

"Kami juga membantu membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan melakukan pendampingan pelaksanaan sampai dengan membuat laporan pertanggung jawaban," terangnya. 

Ia menambahkan, nantinya selain di Rawajati, inovasi ini juga akan di lakukan di beberapa kelurahan yang tertarik dengan adanya inovasi pelayanan SIGAP di antaranya, UP PM- PTSP Kelurahan Kedoya Selatan, Menteng Atas, Kebon Kacang, Semper Timur, Pondok Rangon, dan Kelurahan Pulau Pari. 

"Semoga ini dapat mengatasi permasalahan BABS dan mengejar 100 persen pencapaian target Open Defecation Free (ODF) serta peningkatan kualitas sanitasi lingkungan, khususnya di Rawajati," harapnya.

Sementara itu, salah seorang warga di Jalan Rawajati Barat RT 06/04, Erwin Sitomorang mengapresiasi dengan diluncurkannya program SIGAP dari pemerintah setempat karena dinilai dapat memudahkan warga mendapatkan desain yang baik, khususnya terkait pembangunan IPAL. 

"Saya sebagai penerima manfaat merasakan layanannya sangat membantu dan memudahkan. Kita langsung didatangi petugas dan semua prosesnya gratis," tandasnya. 

BERITA TERKAIT
UP PTSP Kepulauan Seribu Lakukan Pembinaan LKPM di Dua Pulau

UP PM-PTSP Kepulauan Seribu Lakukan Pembinaan LKPM di Dua Pulau

Selasa, 01 Juli 2025 1423

ptsp

UP PM-PTSP Rawajati Diganjar Penghargaan Best Service Point

Rabu, 02 Oktober 2024 1598

UP PM-PTSP Kelurahan Rawajati Sudah Terbitkan 150 NIB Warga

150 Pelaku Usaha di Rawajati Buat NIB Melalui Layanan Jemput Bola

Kamis, 06 Juni 2024 1136

Kantor Kelurahan Rawajati Dilengkapi Hidroponik Urban Farming

Kantor Kelurahan Rawajati Dilengkapi Hidroponik Urban Farming

Selasa, 14 Januari 2025 958

BERITA POPULER
Pengunjung sedang melihat stan Dinas Parekraf DKI di Event WITF & SEABEF 2025

Jakarta Perkuat Promosi Pariwisata di Ajang Internasional WITF & SEABEF 2025

Sabtu, 11 Oktober 2025 1604

Proses pemadaman api di lokasi kebakaran oleh petugas gulkarmat

80 Personel Gulkarmat Berhasil Padamkan Kebakaran di Papanggo

Sabtu, 11 Oktober 2025 1550

Sosialisasi dan pembentukan pos bantuan hukum di RPTRA Susukan Ceria

110 Peserta Ikuti Sosialisasi Posbankum di RPTRA Susukan Ceria

Kamis, 16 Oktober 2025 544

Farah Savira saat memimpin Rapat Pansus Kawasan Tanpa Rokok (KTR) DPRD DKI Jakarta

Pansus KTR Akomodir Aspirasi Masyarakat

Kamis, 16 Oktober 2025 505

Prosedur Pemindahan Pedagang Pasar Barito

Prosedur Pemindahan Pedagang Pasar Barito ke Sentra Fauna Kembali Dilakukan

Rabu, 15 Oktober 2025 734

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks