Senin, 14 Juli 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 377
(Foto: Istimewa)
Perumda Dharma Jaya (DJ) resmi menjalin kerja sama bisnis dengan PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM) sebagai langkah strategis dalam memperluas jangkauan pemasaran produk protein hewani ke wilayah penyangga Jakarta.
"memperkuat ketahanan pangan,"
Kolaborasi ini ditandai dengan peresmian Hub Channel DJ dan ABM yang berlokasi di Ruko Tematik, Paramount Gading Serpong, Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Tangerang, Banten.
Peresmian ini merupakan Hub Channel Ketiga. Sebelumnya, Hub Channel di Pasar Kopro, Tomang, Jakarta Barat menggandeng Perumda Pasar Jaya, disusul Hub Channel di jalan Raya Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat bekerja sama dengan Trust Mart.
Direktur Bisnis Dharma Jaya, Irwan Nusyirwan mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah ekspansi perdana Dharma Jaya dengan BUMD di luar wilayah DKI Jakarta, sebagai bagian dari komitmen menghadirkan produk protein hewani berkualitas kepada masyarakat yang lebih luas.
Ia menyampaikan, inisiatif ini menjadi tonggak awal perluasan bisnis komersial DJ dalam bentuk kerja sama Business to Business (B2B) di Tangerang.
“Rencana tahun ini ada delapan Hub Sales, dan yang pertama kali menjalin kemitraan dengan perusahaan di wilayah Tangerang, yakni ABM. Sebelumnya, pola kerja sama kami lebih banyak berupa suplai, transaksi jual beli, atau mekanisme off-taker. Kali ini, kami benar- benar membangun dan mengelola bisnis secara bersama,” ujarnya, Senin (14/7).
Irwan menjelaskan, pemilihan kerja sama dengan ABM karena jarak lokasi yang tidak terlalu jauh dengan wilayah Provinsi DKI Jakarta. Ia optimistis, kehadiran Hub Channel di Tangerang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.
Komunikasi juga terbangun dengan cepat dengan persiapan kurang lebih hanya 1,5 bulan, karena baik Dharma Jaya maupun ABM ingin segera mengembangkan bisnis komersialnya.
Menurutnya, kerja sama ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Provinsi Banten dalam menyediakan akses pangan terjangkau.
“Kami optimistis dapat menyuplai produk dengan harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat. Ini merupakan bentuk kerja sama strategis yang tidak hanya berfokus pada pengembangan bisnis komersial, tetapi juga berkembang menjadi kolaborasi yang saling mendukung dalam memperkuat ketahanan pangan, mengendalikan inflasi, serta menjaga stabilitas harga,” jelasnya.
Sementara itu, Plt Direktur Utama ABM, Yoga Utama mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten yang bergerak di bidang pangan yang fokus melakukan pemasaran di wilayah Serang sekitarnya, pihaknya sedang melebarkan sayap ke area Gading Serpong, Tangerang, mulai Juni tahun ini.
“Di area sini, masyarakat dan potensi pasarnya bagus, makanya kita ingin buka disini. Sekarang kita buka tiga titik outlet menuju empat titik. Selain pemasaran offline, kita juga juga lakukan pemasaran online,” kata Yoga.
Yoga meyakini sinergi ABM dengan Dharma Jaya akan berkelanjutan, selain itu kerja sama antar BUMD di dua provinsi sangat baik untuk dijaga dan dikembangkan ke depannya karena sama-sama saling menguntungkan.
“Kita sangat baik dalam bersinergi. Dharma Jaya punya produk hewani, kita yang akan bantu jualkan, dan kerja sama ini lebih difokuskan untuk membangun pasar lalu nanti kedepannya, kita akan bersinergi bersama-sama membangun bisnis,” ucapnya.
Ia berharap kerja sama melalui hub channel dapat membantu permasalahan pemerintah seperti menjaga laju inflasi, ketahanan pangan, dan melayani masyarakat dengan memberikan produk protein hewani berkualitas dengan harga yang stabil dan membantu distribusi pangan murah.
“Kita murni ingin membantu masyarakat, supaya kebutuhan produk protein hewani dapat terjangkau dengan harga murah,” tandasnya.