Sidak Kelurahan Penjaringan, PJ Gubernur Berharap Optimalisasi Pelayanan Publik di Jakarta

Jumat, 30 Desember 2022 Reporter: Wuri Setyaningsih Editor: Budhy Tristanto 2004

 Sidak Kelurahan Penjaringan, PJ Gubernur Berharap Optimalisasi Pelayanan Publik di Jakarta

(Foto: Istimewa)

Kelurahan merupakan garda terdepan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen melakukan optimalisasi pelayanan publik dengan mengedepankan profesionalisme kerja dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Hadirkan pula inovasi dan kreativitas dalam pelayanan publik yang prima

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Lurah Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (30/12) pagi. Saat sidak, Ia melakukan peninjauan layanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil) yang diberikan kepada masyarakat sekitar. Kemudian, Pj Gubernur Heru beramah-tamah dengan petugas pelayanan, serta Lurah Penjaringan, Suharsono dan jajaran.

"Saya akan terus memeriksa dan memastikan kinerja, efektivitas, dan efisiensi di kelurahan maupun kecamatan pada semua wilayah, sebagai ujung tombak pelayanan publik Pemprov DKI Jakarta. Terima kasih atas dedikasi kinerja  yang baik. Saya berharap terus tingkatkan kualitas pelayanan, hadirkan pula inovasi dan kreativitas dalam pelayanan publik yang prima, yang tentunya harus berorientasi pada kepuasan masyarakat di seluruh wilayah Jakarta," ucapnya, dikutip dari Siaran Pers PPID DKI.

Usai meninjau layanan PTSP dan Dukcapil, Pj Gubernur menyapa dan berfoto bersama dengan petugas Satpol PP dan PPSU, serta  berdialog dengan warga yang hadir untuk mengurus berbagai keperluan pelayanan. Salah satunya, Yani (49) yang tengah mengurus Akte Kelahiran untuk dirinya.

"Saya tinggal di Rawa Bebek, ke sini mau bikin Akte Kelahiran untuk sendiri. Akta saya sudah hilang. Alhamdulillah pelayanan di sini baik dan mempermudah warga sekitar mengurus banyak keperluan," ungkap Yani.

Pada kesempatan yang sama, petugas pelayanan Dukcapil, Fahita (25 tahun) menyampaikan warga sekitar hadir ke Kelurahan Penjaringan untuk mendapatkan pelayanan urusan Dukcapil untuk berbagai urusan, seperti kepindahan domisili, pembuatan KTP baru/hilang/rusak, pembuatan Akte Kelahiran yang dewasa maupun baru lahir. Ia pun menyatakan pelayanan yang diberikan selalu diupayakan secara cepat, tepat, dan akurat sehingga warga merasa puas.  

Ia menambahkan bahwa tantangan dalam bekerja biasanya terjadi saat ada kendala maintenance sistem layanan Dukcapil, atau permasalahan jaringan internet, sehingga membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Namun para petugas pelayanan di Kelurahan Penjaringan selalu berusaha menjelaskan dan memberikan pengertian yang baik kepada warga, sehingga warga pun tidak merasa keberatan untuk menunggu prosesnya.

Sementara itu, Muhammad Budiman selaku Kepala Unit PTSP Kelurahan Penjaringan berharap, sarana dan prasarana di Kantor Lurah Penjaringan dapat ditingkatkan. Terkait optimalisasi digitalisasi layanan publik,  para petugas pelayanan Kelurahan Penjaringan terus berupaya melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat sekitar untuk menghadirkan kemudahan dalam pelayanan publik.  

Untuk informasi, usai melakukan sidak di Kantor Lurah Penjaringan, Pj Gubernur Heru bersama Camat Penjaringan, Devika meninjau sistem saringan sampah pintu air Sisi Selatan Waduk Pluit. Ia memastikan, saringan sampah ini dapat berfungsi dengan baik dan bermanfaat untuk menjaga pompa-pompa pengendalian banjir yang dioperasikan Dinas SDA DKI Jakarta

BERITA TERKAIT
House Warming' BP Jamsostek, Diharapkan Dorong Peningkatan Layanan

Hadiri House Warming BPJamsostek, Pj Gubernur Berharap Inovasi Dorong Peningkatan Layanan

Rabu, 28 Desember 2022 1892

UP PM-PTSP Kembangan Juara III Best Service Point

UP PM-PTSP Kembangan Raih Juara III Best Service Point

Selasa, 29 November 2022 2340

Kingdom of Cambodia Studi Banding ke Mall Pelayanan Publik

Perwakilan Negara Kamboja Tertarik Layanan di Mal Pelayanan Publik

Kamis, 24 November 2022 2488

Apresiasi Monev KIP DKI, Pj Gubernur: Keterbukaan Informasi Publik Adalah Hak Warga

Apresiasi Monev KIP DKI, Pj Gubernur: Keterbukaan Informasi Publik Adalah Hak Warga

Selasa, 27 Desember 2022 2057

BERITA POPULER
Permudah Wajib Pajak, Pramono Luncurkan Digitalisasi Pajak MPD

Permudah Wajib Pajak, Pemprov DKI Luncurkan Digitalisasi Pajak MPD

Kamis, 18 Desember 2025 859

Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI Jakarta menggelar BK Award 2025

BK Award 2025 Wujud Akuntabilitas Kinerja Anggota DPRD DKI

Senin, 15 Desember 2025 1600

Forkopimko Jakut Jaga Suasana Kondusif Nataru

Forkopimko Jakut Jaga Suasana Kondusif Nataru

Jumat, 19 Desember 2025 542

Pramono memberikan sambutan saat peluncuran pelatihan Gig Economy bagi Gen Z

Pramono Dukung Pengembangan Ekonomi Digital dan Kreativitas Anak Muda Jakarta

Kamis, 18 Desember 2025 874

UMP Jakarta Tahun 2026 Dipastikan Naik

UMP Jakarta Tahun 2026 Dipastikan Naik

Rabu, 17 Desember 2025 963

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks