Mengenang Sosok Saefullah di Mata Seniman Betawi

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Erikyanri Maulana | Minggu, 20 September 2020 20:20 WIB | Dibaca 843 kali
Mengenang Sosok Saefullah di Mata Seniman Betawi (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Wafatnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah meninggalkan duka yang dalam. Tak hanya di bidang pemerintahan dan keagamaan, kecintaan serta kepeduliannya terhadap seni budaya Betawi juga membuat sosok Saefullah dikenal luas di kalangan Seniman Betawi.

" Saya dan teman-teman merasa kehilangan. Pak Saefullah sangat peduli dan memperhatikan sama seniman Betawi,"

Seperti diungkapkan Hj Tonah yang merasa kehilangan dengan berpulangnya Saefullah, pada Rabu (16/9) lalu.

"Saya dan teman-teman merasa kehilangan. Pak Saefullah sangat peduli dan memperhatikan sama seniman Betawi," ujar Hj Tonah kepada Beritajakarta.id, Minggu (20/9).

Pemeran tokoh Ipah, ibu tiri Zainab dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' menuturkan, contoh nyata kepedulian Saefullah kepada para seniman Betawi yang paling dingatnya yakni selalu membukakan lahan pekerjaan bagi para seniman Betawi.

"Seperti acara Lebaran Betawi, Alhamdulillah para seniman Betawi diberikan kesempatan tampil. Itu kan instruksi beliau, nyata," katanya.

Tak hanya itu menurutnya, Saefullah juga dikenal dekat dengan semua seniman Betawi.

"Nggak ada pilih-pilih, semuanya diperhatiin sama Pak Saefullah. Orangnya memang sangat peduli sama siapa saja," ucap Hj Tonah yang juga Anggota Tim Kreatif Pengurus Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

Mpok Tonah, sapaan akrabnya juga bercerita tentang sosok Saefullah yang sangat menggemari masakan khas Betawi. Dia bercerita, Saefullah kerap mengunjungi rumah makan Betawi milik keluarga Hj Tonah di bilangan TMII, Jakarta Timur.

"Beliau paling demen soto Betawi sama bakwan udang yang lebar-lebar. Kalau kita abis goreng itu bakwan udang, bisa diborong sama pak Saefullah," kenang Mpok Tonah dengan logat Betawi-nya yang kental.

Sebagai seniman Betawi yang sudah malang melintang tampil di berbagai pentas maupun pemeran wanita dalam sejumlah sinetron, Hj Tonah mengaku sangat kehilangan sosok Almarhum Saefullah. Dia berharap, pengganti Saefullah sebagai Sekda Provinsi DKI Jakarta juga mencintai dan lebih peduli lagi dengan kesenian Betawi.

Duka yang dalam serta kehilangan atas kepergian Saefullah juga dirasakan seniman Betawi lainnya, Ramdhani Qubil AJ. Pemeran tokoh Jambrong dalam serial TV Islami 'Lorong Waktu' ini menuturkan, sosok Saefullah merupakan figur yang sangat peduli dengan seni dan budaya Betawi.

"Pak Saefullah walau dalam kesibukan kaya apa, sangat peduli banget kalo sama urusan seni budaya Betawi. Terakhir, waktu ane bikin 'Lenong Bangsawan' di TIM selama tiga malam berturut-turut beliau sangat support," katanya.

Bang Qubil, sapaan akrabnya juga berharap akan ada lagi orang Betawi yang dapat menggantikan figur seperti Saefullah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kesenian dan budaya Betawi.

"Sosok beliau itu sangat low profile, emosinya terjaga tentu kita merasa kehilangan," tandas pria yang juga dikenal sebagai pemeran tokoh Madit Musyawarah dalam sinetron 'Islam KTP'.

TOP