Dinas PPKUKM-OJK Gelar Pelatihan Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 03 September 2020 10:21 WIB | Dibaca 368 kali
Dinas PPKUKM-OJK Gelar Pelatihan Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pelatihan online bertema Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman, Rabu (2/8).

"Melalui pelatihan ini diharapkan para Jakpreneur binaan dapat memproduksi makanan dan minuman yang higinenis "

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Seksi Industri Kreatif Digital Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Fajar Bambang Jatmiko mengatakan, pelatihan virtual ini terbuka untuk Jakpreneur binaan berbagai SKPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Dia menilai, pelatihan ini cukup diminati, terbukti pendaftarnya mencapai 295 orang. Setelah diverifikasi akhirnya ada 195 UMKM binaan atau Jakpreneur yang turut menjadi peserta.

"Jakpreneur yang mendaftar secara online untuk mengikuti pelatihan higiene sanitasi makanan dan minuman sebanyak 295 orang," ujarnya.

Narasumber pelatihan ini berasal dari Balai Besar POM Jakarta. Sementara materi yang diberikan adalah prosedur dan tatacara dalam pengolahan makanan dan minuman agar terjamin sanitasinya.

Diharapkan, pelaku usaha atau Jakpreneur dapat melaksanakan kegiatan pengendalian mutu mandiri. Dan bisa melengkapi sarana dan prasarana yang berkaitan dengan aspek Higiene Sanitasi Makanan serta Minuman.

Hal ini untuk mencegah risiko tercemarnya makanan sehingga kejadian keracunan pangan akan dapat dieliminasi.

"Melalui pelatihan ini diharapkan para Jakpreneur binaan dapat memproduksi makanan dan minuman yang higinenis. Sehingga dari segi mutu dan kualitas aman untuk dikonsumsi konsumen," tandas Fajar.

TOP