89 Pedagang Pasar Kober Papanggo Ikuti Swab Test

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 08 Juli 2020 19:26 WIB | Dibaca 554 kali
89 Pedagang Pasar Kober Papanggo Ikuti Swab Test (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok , Jakarta Utara, Rabu (8/7), mengadakan pemeriksaan kesehatan swab tes COVID 19 di Pasar Kober Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Total 89 pedagang  mengikuti pemeriksaan kesehatan.

" Kami apresiasi pedagang yang sadar dan ikut tes"

Lurah Papanggo, Maryono mengatakan, swab test yang dilakukan ini merupakan hasil kolaborasi tim kesehatan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dan Puskesmas Kelurahan Papanggo untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Pasar merupakan lokasi yang berpotensi sebagai kluster baru. Kami apresiasi pedagang yang sadar dan ikut tes," katanya. 

Dilanjutkan Maryono, sebelum pelaksanaan pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang. Menurutnya kesediaan para pedagang mengikuti tes juga membantu pemerintah mengantisipasi penyebaran pandemi. 

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok, Ahrahayati Wildany menjelaskan,  

pedagang yang mengikuti tes juga didata dengan memakai form Penyelidikan Epidemiologi (PE). Tujuannya agar diketahui apakah pedagang tersebut mempunyai penyakit penyerta ataupun lainnya. 

"Dengan tes swab, pedagang atau pembeli akan aman dan sehat beraktivitas di pasar. Namun tetap harus disiplin menerapkan 3 M dan menerapkan PHBS," tandasnya.

TOP