PD PAL Jaya Bangun IPAL Berkonsep Edutainment

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Erikyanri Maulana | Kamis, 25 Juni 2020 12:26 WIB | Dibaca 365 kali
PD PAL Jaya Bangun IPAL Berkonsep Edutainment (Foto : / Beritajakarta.id)

PD PAL Jaya saat ini tengah membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) berkonsep edutainment. Ditargetkan pembangunannya akan rampung pada tahun 2021.

"Nantinya, pelajar maupun mahasiswa terutama Jurusan Teknik Lingkungan bisa melakukan penelitian dan belajar pengenalan limbah domestik, "

Plh Direktur Utama PD PAL Jaya, Hidayat Sigit Suryanto mengatakan, kedua lokasi IPAL tersebut berada di Kali Krukut, Setiabudi, Jakarta Selatan dan di kawasan Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Khusus di Ancol, PAL Jaya akan bekerja sama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol dalam pembangunannya.

"Nantinya, pelajar maupun mahasiswa terutama Jurusan Teknik Lingkungan bisa melakukan penelitian dan belajar pengenalan limbah domestik sekaligus melihat langsung cara pengolahannya hingga didaur ulang untuk dimanfaatkan kembali," ujar Hidayat Sigit, Kamis (25/6).

Dikatakan Sigit, tempat pengolahan limbah berkonsep edutainment yang dibangun PAL Jaya nantinya akan menjadi pelopor di Indonesia.

"Dua lokasi ini menawarkan pengolahan yang berbeda. Di Kali Krukut misalnya kami menggunakan teknologi IPAL MBBR degan kapasitas 100 liter per detik karena terbatasnya tempat," katanya.

Sedangkan IPAL di kawasan Ecopark Ancol akan menggunakan konsep proses alami sehingga tidak sepenuhnya melalui proses mekanikal.

"Sisi edutaiment-nya nanti akan ada home theater sehingga bisa belajar dan melihat pengolahan limbah domestik hingga mengetahui proses daur ulang melaui audio video," tandasnya.

TOP