20 Mobil Pemadam Semprotkan Disinfektan di Jaktim

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Minggu, 31 Mei 2020 12:00 WIB | Dibaca 602 kali
20 Mobil Pemadam Semprotkan Disinfektan di Jaktim (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

20 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah di Jakarta Timur, Minggu (31/5).

"Dengan upaya ini diharapkan bisa mencegah penyebaran COVID-19, "

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, setidaknya ada 20 ruas jalan protokol yang disemprot cairan disinfektan. Di antaranya, Jl Matraman Raya, Jl Pramuka, Jl Ahmad Yani, Jl Otista, Jl DI Panjaitan, Jl Raya Bogor, Jl Mabes Hankam dan Jl Raya Ceger.

Menurutnya, kegiatan ini akan terus dilakukan hingga sebulan ke depan dengan sasaran jalan protokol, halte, JPO, sarana ibadah, sarana pendidikan, fasilitas umum lainnya.

"Kami kerahkan 20 armada berikut 240 personelnya untuk menyambut Jakarta New Normal. Dengan upaya ini diharapkan bisa mencegah penyebaran COVID-19," ujar Muchtar, di lokasi kegiatan.

Pihaknya, sambung Muchtar, tetap berpesan kepada warga untuk menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19. Masyarakat juga diimbau tetap di rumah dan jika harus beraktivitas di luar rumah wajib menggunakan masker dan menjaga jarak fisik.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menambahkan, sejak 14 Mei pihaknya sudah melakukan penyemprortan di 1.254 lokasi.

"Kita libatkan dan koordinasikan dengan unit terkait seperti kelurahan/kecamatan, Satpol PP dan Sudin Perhubungan," kata Gatot.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengajukan penyemprotan fasilitas publik di sekitar rumahnya dapat mengajukannya ke unit yang dipimpinnya dengan cara bersurat maupun datang langsung ke kantor Sudin Gulkarmat Jakarta Timur atau ke Sektor Gulkarmat di 10 kecamatan yang ada.

TOP