Pengerukan Lumpur Kali Ciliwung di Kwitang Dikebut

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Kamis, 19 Maret 2020 21:36 WIB | Dibaca 633 kali
Pengerukan Lumpur Kali Ciliwung di Kwitang Dikebut (Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat tengah mengebut proses pengerukan endapan lumpur di Kali Ciliwung, tepatnya di sepanjang Jalan Inspeksi Kwitang, Senen.

" Pengerukan lumpur sudah berjalan 45 persen"

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, saat ini pengerukan lumpur di lokasi sudah berjalan sekitar 45 persen. Kegiatan pengerukan tersebut diharapkan bisa menciptakan keindahan di Kali Ciliwung.

"Pengerukan lumpur sudah berjalan 45 persen. Saya harap semua unsur terkait bisa berkolaborasi untuk menciptakan estetika di Kali Ciliwung ini agar menjadi lebih bersih, indah dan nyaman," ujarnya, Kamis (19/3).

Menurut Irwandi, pengerukan lumpur ini ditargetkan rampung dalam kurun waktu dua bulan ke depan. Pihaknya pun meminta Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat melakukan penghijauan di bantaran kali ini.

"Taman di bantaran kali jangan dibiarkan berantakan. Harus ada sentuhan penghijauan agar kali menjadi rapi dan tidak rawan longsor," katanya.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Ahmad Saiful menjelaskan, dalam kegiatan ini, pihaknya mengerahkan dua alat berat eskavator untuk mengeruk endapan lumpur hingga sepanjang 800 meter dan sedalam dua meter.

"Kita kerahkan 30 personel ke lokasi. Kita prediksi pengerukan lumpur ini selesai dua bulan ke depan," tandasnya.

TOP