Lima Pasar di Jaksel Dipastikan Aman dari Bahan Berbahaya

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Andry | Rabu, 19 Februari 2020 12:11 WIB | Dibaca 545 kali
Lima Pasar di Jaksel Dipastikan Aman dari Bahan Berbahaya (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan memastikan produk pangan yang dijual di lima pasar di wilayahnya aman dari bahan berbahaya.

" Dari lima pasar yang sudah diperiksa, semuanya negatif dari bahan berbahaya"

Lima pasar tersebut terdiri dari Pasar Minggu, Pasar Lenteng Agung, Pasar Warung Buncit, Pasar Cidodol dan pasar swalayan di Cilandak

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan mengatakan, kepastian keamanan pangan di lima pasar ini berdasarkan hasil pemeriksaan pada Selasa (18/2) kemarin. Produk pangan yang diperiksa meliputi pertanian, peternakan dan perikanan.

"Dari lima pasar yang sudah diperiksa, semuanya negatif dari bahan berbahaya atau aman dikonsumsi,” ujarnya, Rabu(19/2).

Ia mengungkapkan, total sampel pangan yang diperiksa di lima pasar tersebut ada 341 jenis dengan rincian 184 sampel pertanian, 44 sampel peternakan, dan 113 sampel perikanan.

"Pemeriksaan ini bagian dari pengawasan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Sepanjang tahun 2020 ini ada 27 kali pemeriksaan produk pangan," katanya.

Menurut Hasudungan, parameter uji bahan pangan produk pertanian yang digunakan uji pestisida. Sementara uji formalin digunakan untuk produk perikanan dan peternakan.

"Untuk produk peternakan seperti ayam menggunakan uji eber atau uji kebusukan," tandasnya.

TOP