Pemkab Terus Gencarkan Penanganan Sampah Plastik

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 06 Februari 2020 14:19 WIB | Dibaca 476 kali
Pemkab Terus Gencarkan Penanganan Sampah Plastik (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kebupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menggelar Focus Group Discussion (FGD) pengurangan dan penanganan sampah plastik.

" "

Kegiatan yang dihelat dalam program Save Our Ocean and Small Island (SOSIS) digelar di kantor Mitra Praja, Sunter Jakarta Utara.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kepulauan Seribu, Iwan P Samosir mengatakan, kegiatan ini untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah sampah di Kepulauan Seribu yang sesuai dengan tupoksi dan terintergrasi.

"Harapannya, seluruh sumber daya yang ada dapat dimaksimalkan dalam mengatasi sampah sesuai tugas dan kewenangannya," ujarnya, Kamis (6/2).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Divers Clean Action, Swietenia Puspa Lestari menambahkan, program SOSIS ini untuk menanggulangi dan mendukung sistem pengelolaan sampah yang berbasis partisipasi masyarakat.

Dengan tujuan besarnya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kepulauan Seribu agar melaksanakan Reduce, Reuse dan Recycle (3R), untuk mengurangi sekaligus mengatasi sampah utamanya yakni sampah plastik.

"Bisa juga melalui peningkatan edukasi masyarakat untuk memilah sampah dari sumbernya yang didukung dengan monitoring oleh kepanjangan tangan pemerintah seperti Jumantik atau dasa wisma," tandasnya.

TOP