Ketua Komisi A Ingin Kekurangan Blangko KTP-el Segera Teratasi

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 15 Januari 2020 14:02 WIB | Dibaca 946 kali
Ketua Komisi A Ingin Kekurangan Blangko KTP-el Segera Teratasi (Foto : Maria Inggita / Beritajakarta.id)

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Mujiyono menginginkan agar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bisa segera memenuhi kubutuhan blangko KTP elektronik (KTP-el) untuk warga Jakarta.

" Belum bisa mendapatkan fisik KTP elektronik"

Menurutnya, ketersediaan blangko akan membuat kinerja Dinas Kepandudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta akan semakin optimal dalam melakukan pencetakan KTP-el. 

"Saat ini dari kebutuhan 400 ribu blangko, Kemendagri RI baru memberikan 290 ribu. Artinya, masih ada kekurangan atau daftar tunggu lag. Banyak warga yang sudah cukup lama melakukan perekaman data, tapi belum bisa mendapatkan fisik KTP elektronik," ujarnya, Rabu (15/1).

Mujiyono mengingatkan, KTP merupakan bukti identitas yang sangat penting dan banyak digunakan untuk mengurus berbagai keperluan.

"Kami berharap kebutuhan blangko KTP elektronik di Jakarta bisa segera terpenuhi. Terlebih, beberapa waktu lalu terjadi banjir yang mengakibatkan warga ada yang kehilangan dokumen kependudukan, termasuk KTP," terangnya.

Ia menambahkan, Dinas Dukcapil juga harus meningatkan sinergisitas dengan daerah-daerah lain, terutama di sekitar Jakarta. Sebab, masih ada masyarakat yang berdomisili di luar daerah, tapi memiliki dan mengurus KTP di Jakarta hingga menyebabkan kebutuhan blangko juga meningkat.

"Kita bisa berkoordinasi dengan daerah lain. Temuan saya di kelurahan itu banyak KTP yang tercetak, namun saat hendak didistribusikan ternyata pemiliknya tinggal di luar Jakarta, itu bisa ditertibkan," tandasnya.

TOP