Dishub DKI Periksa Kelaikan Kendaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Erikyanri Maulana | Senin, 16 Desember 2019 11:11 WIB | Dibaca 729 kali
Dishub DKI Periksa Kelaikan Kendaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melaksanakan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020.

" Itu mutlak, kami tidak akan memberangkatkan sebelum bus tersebut sesuai dengan standar keselamatan dan kelaikan operasi,"

Pelaksanaan ramp check dimulai sejak tanggal 20 November sampai dengan 18 Desember 2019.

Kepala Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muslim mengatakan, ramp check dilaksanakan di terminal-terminal utama seperti, Terminal Kalideres, Tanjung Priok, Terminal Terpadu Pulogebang, dan Terminal Kampung Rambutan.

Dikatakan Muslim, selain di terminal utama, ramp check juga dilaksanakan di empat pul bus yang ada di Jabodetabek.

"Untuk di Terminal Utama yang ramp check itu bus reguler, sedangkan untuk pul bus yang ramp check sasarannya bus-bus pariwisata yang akan disewa oleh masyarakat," ujar Muslim, Senin (16/12).

Ditegaskan Muslim, kelaikan operasional bus-bus pariwisata tidak luput dari pemeriksaan petugas karena permintaan masyarakat terhadap bus pariwisata cukup tinggi saat masa liburan.

"Kami sudah prediksi tanggal 21 Desember sampai tanggal 4 Januari 2020 mobilitas bus pariwisata banyak, permintaannya tinggi. Maka itu, kami juga lakukan ramp check terhadap bus-bus pariwisata sebelum hari H Operasi Angkutan Nataru tanggal 19 Desember 2019 nanti," ungkap Muslim.

Muslim menjelaskan, bus diizinkan beroperasi apabila rem, setir, dan lampu berfungsi dengan baik. Selain itu bus juga wajib dilengkapi alat pembersih kaca depan kendaraan (wiper), alat pemecah kaca, APAR, serta tidak menggunakan ban vulkanisir.

"Itu mutlak, kami tidak akan memberangkatkan sebelum bus tersebut sesuai dengan standar keselamatan dan kelaikan operasi," ucap Muslim.

Ditambahkan Muslim, ramp check merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan pengguna angkutan umum sekaligus untuk mengurangi angka kecelakaan.

"Pemeriksaan kendaraan untuk memastikan armada yang disiapkan PO itu laik jalan. Kegiatan ini adalah upaya dalam rangka menjamin keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran penumpang selama operasi Nataru 2019/2020," tandas Muslim.

TOP