ICITAP Kunjungi RSUD Tarakan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 27 November 2019 19:31 WIB | Dibaca 593 kali
ICITAP Kunjungi RSUD Tarakan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan

menerima kunjungan dari Acting Director of US Department of Justice International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP), John G Gollogly beserta tim dan didampingi perwakilan staf Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat untuk RI.

"Amerika Serikat  "

Pada kesempatan itu, John G Gollogly beserta tim melakukan kunjungan ke Unit Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) RSUD Tarakan.

Direktur RSUD Tarakan, Dian Ekowati mengatakan, kunjungan ini dalam rangka peningkatan pelayanan tehadap pasien korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan kekerasan berbasis gender di Indonesia.  

"Melalui kunjungan ini diharapkan ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari negara Amerika Serikat terkait pelayanan tehadap pasien korban KDRT dan kekerasan berbasis gender," ujarnya, Rabu (27/11).

Dian menjelaskan, dalam kunjungan tersebut juga dilakukan pemutaran video proses pelayanan pasien korban KDRT dan kekerasan berbasis gender di RSUD Tarakan. Selain itu, ada juga pemaparan dari dr. Boge spesialis Forensik terkait PPT Kekerasan Pada Perempuan dan Anak.

"Mereka adalah yayasan non profit yang menyediakan layanan kekerasan dan sangat jarang ada di rumah sakit. Melalui kunjungan ini, kita memulai kerja sama antara RSUD Tarakan dengan mereka," terangnya.

Ia menambahkan, rangkaian kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab.

"Sebagai tanda persahabatan kami juga melakukan pertukaran cendera mata," tandasnya.

TOP