Sudin KUKMP Jakarta Barat Gelar Pendataan Izin Usaha Simpan Pinjam

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 19 November 2019 19:33 WIB | Dibaca 506 kali
Sudin KUKMP Jakarta Barat Gelar Pendataan Izin Usaha Simpan Pinjam (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Sudin KUKMP) Jakarta Barat menggelar kegiatan pendataan izin usaha simpan pinjam (USP), kelembagaan dan kinerja pengurus koperasi, Selasa (19/11).

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk percepaatan pendataan koperasi di wilayah Jakarta Barat melalui online data system, "

Kegiatan yang digelar di lantai V Gedung B Kantor Wali Kota Jakarta Barat ini diikuti 100 pengurus koperasi. Pada kesempatan itu juga ditampilkan produk-produk dari usaha kecil menengah (UKM) Kecamatan Kembangan, Kebon Jeruk, Cengkareng dan Kalideres.

Kepala Sudin KUKMP Jakarta Barat, Nuraini Sylviana, mengatakan, pembinaan koperasi diperlukan untuk menciptakan koperasi yang akuntabel. Akuntabilitas koperasi erat kaitannya dengan citra koperasi dan kepercayaan masyarakat untuk memilih koperasi sebagai lembaga yang mampu meningkatkan taraf hidup.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk percepaatan pendataan koperasi di wilayah Jakarta Barat melalui online data system (ODS)," ujarnya, Selasa (19/11).

Selain itu, untuk pengawasan kinerja keuangan pengurus koperasi, penghimpunan dan penyaluran dana USP, dan evaluasi laporan perkembangan pinjaman atau pembiayaan kepada LPDB-KUKM (Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi Usaha Kecil Menengah).

"Kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengurus koperasi, sehingga mampu membenahi koperasi baik dari segi kelembagaan, keuangan maupun tingkat produktivitas usaha," tandasnya.

TOP