Petugas Gabungan Lakukan Pengerukan Kali Ciliwung

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Jumat, 15 November 2019 15:01 WIB | Dibaca 395 kali
Petugas Gabungan Lakukan Pengerukan Kali Ciliwung (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Petugas gabungan dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Kodam Jaya melakukan pengerukan di Kali Ciliwung, RW 14, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur.

" Saat ini pengerjaan pengerukannya telah mencapai 90 persen,"

Lurah Bidara Cina, Dadang Yudi Hartono mengatakan, pengerukan dilakukan karena kali telah mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Pekerjaan ini dilakukan dengan mengerahkan satu unit eskavator. 

"Harapannya, genangan dan banjir di sekitar Kali Ciliwung dapat diminimalisir," ujarnya, Jumat (15/11).

Sementara itu, Kepala BBWSCC, Bambang Hidayah menuturkan, pengerukan Kali Ciliwung telah dilakukan pihaknya sejak bulan September lalu dan ditargetkan akan rampung pada akhir Desember 2019.

Menurutnya, di titik Bidara Cina banyak terjadi sedimentasi yang setiap tahun terbawa banjir dari hulu di kawasan Bogor, Jawa Barat. Sehingga jika tak dikeruk, terjadi pendangkalan. Lumpur hasil kerukan Kali Ciliwing ini dijadikan tanggul sementara di sepanjang bantaran kali.

"Saat ini pengerjaan pengerukannya telah mencapai 90 persen dan kami targetkan akan rampung pada akhir Desember mendatang," jelasnya.

Selain itu, sebagai antisipasi genangan dan banjir di wilayah DKI Jakarta, pihaknya juga menyiapkan 80 personel serta sarana dan prasarana pendukung penanggulangan banjir yang dipersiapkan pada saat apel hari ini.

"Untuk sarana prasarana yang disiagakan meliputi pompa mobile, namun perahu karet dan sarana prasarana lainnya," tandasnya.

TOP