UP4 Dinas SDA Buat MC0 Saluran di Jalan Cipinang Cempedak III

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 08 November 2019 14:06 WIB | Dibaca 231 kali
UP4 Dinas SDA Buat MC0 Saluran di Jalan Cipinang Cempedak III (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Unit Pengelola Penyelidikan Pengujian dan Pengukuran (UP4) Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta membuat Mutual Check Nol (MC0) saluran di Jalan Cipinang Cempedak III, Kelurahan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur.

"MC0 ini untuk dasar perencanaan, "

Pembuatan MC0 tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi elevasi atau ketinggian permukaan tanah eksisting di lokasi yang diukur.

Kepala Subbag Tata Usaha UP4 Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Suwarno mengatakan, hasil dari pengukuran ini akan digunakan oleh Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur sebagai dasar perencanaan kegiatan revitalisasi saluran di Jalan Cipinang Cempedak III.

"Selain elevasi, juga diukur panjang dari saluran dan lebar jalan," ujarnya, Jumat (8/11).

Suwarno menjelaskan, sebanyak empat petugas ukur dikerahkan untuk melakukan proses pengukuran. Adapun alat yang digunakan dalam pengukuran ini yakni waterpass digital auto level DL-503, tripod, bak ukur, dan roll meter.

"Kami memprediksi pengukuran selesai hari ini. Data hasil pengukuran ini akan dikirim ke Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur untuk dilakukan perencanaan teknis untuk revitalisasi saluran tersebut," terangnya.

Ia menambahkan, nantinya petugas ukur akan kembali dikerahkan untuk melakukan pengukuran uitzet sebelum pelaksanaan kegiatan revitalisasi saluran di Jalan Cipinang Cempedak III.

"MC0 ini untuk dasar perencanaan, sedangkan uitzet berguna memastikan seberapa jumlah perubahan yang diakibatkan oleh terjadinya pelaksanaan perencanaan yang telah ditetapkan. Nanti akan diukur kedalaman saluran, lebar penampang, dasar saluran," tandasnya.

TOP