Groundbreaking Masjid Apung Ancol Dilakukan Akhir Pekan Ini

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 05 November 2019 20:19 WIB | Dibaca 905 kali
Groundbreaking Masjid Apung Ancol Dilakukan Akhir Pekan Ini (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

PT Pembangunan Jaya Ancol (Ancol) akan melakukan peletakan batu pertama (grounbreaking) pembangunan Masjid Apung Ancol di Pantai Ria, Sabtu (9/11) akhir pekan nanti.

"Kami harap Masjid Apung ini bisa memberikan pengalaman baru bagi pengunjung, "

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan, desain masjid ini dibuat oleh arsitek Andra Martin. Bangunan akan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun Islam serta jumlah salat wajib dalam satu hari. Sedangkan pada bagian luar terdapat enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun Iman.

"Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 nabi. Nantinya area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi untuk menampung sekitar 2.500 jemaah," ujar Teuku, Selasa (5/11)

Teuku menambahkan, masjid apung ini memiliki banyak bentuk bangunan yang menjadi simbol sejarah. Kiblat dan seluruh bangunan dirancang menghadap ke laut lepas. Sirkulasi udara dibuat terbuka agar hamparan angin laut menjadi penyejuk alami.

Tidak hanya itu, Masjid Apung Ancol juga akan menjadi sentral dari destinasi wisata dengan beragam lokasi bersejarah seperti di Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang memiliki cerita sejarah Jakarta di masa lalu.

"Kami harap Masjid Apung ini bisa memberikan pengalaman baru bagi pengunjung, serta dapat menjadi destinasi dan ikon baru kebanggaan Kota Jakarta," tandasnya.

TOP