Besok, Sistem Wayfinding Diuji Coba di Koridor 1 Transjakarta

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 05 November 2019 13:46 WIB | Dibaca 492 kali
Besok, Sistem Wayfinding Diuji Coba di Koridor 1 Transjakarta (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Transjakarta akan melakukan uji coba sistem jelajah transportasi dengan wayfinding (petunjuk jalan) di Koridor 1 jurusan Blok M - Kota, Rabu (6/11) besok.

"Pelanggan dapat memiliki pengalaman tersendiri dalam menjelajah Jakarta, "

Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengatakan, pemberlakuan sistem ini dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan.

Dengan sistem ini, pihaknya akan menambah informasi yang jelas di dalam bus seperti peta rute dan gedung-gedung terdekat yang bersinggungan dengan halte. Nanti, tidak ada lagi petugas di dalam bus.

"Pelanggan dapat memiliki pengalaman tersendiri dalam menjelajah Jakarta dengan membaca wayfinding yang tersedia di dalam bus," ujarnya, Selasa (5/11).

Agung menegaskan, saat ini pihaknya sedang berupaya membentuk budaya baru dalam bertransportasi massal secara mandiri sekaligus meningkatkan kepedulian sesama penumpang Transjakarta.

“Perlahan lahan menuju Service 4.0. Kita fasilitasi pelanggan untuk mengenali dan mengetahui sendiri perjalanannya. Bukan lagi dipandu prinsip “Malu Bertanya, Sesat di Jalan”, melainkan “Tak Perlu Bertanya, Tinggal Baca Peta Jalan”," katanya.

Dalam uji coba ini, lanjut Agung, pihaknya akan mengevaluasi hal-hal yang diperlukan serta permasalahan yang timbul, guna mempersiapkan tindakan mitigasi.

"Kami telah berkoordinasi serta diskusi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, ITDP dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) untuk menerapkan uji coba ini," tandasnya.

TOP