Dinas KPKP Gencarkan Promosi Produk Olahan Hasil Urban Farming

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Senin, 21 Oktober 2019 16:00 WIB | Dibaca 319 kali
Dinas KPKP Gencarkan Promosi Produk Olahan Hasil Urban Farming (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengencarkan promosi produk olahan hasil urban farming atau pertanian perkotaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Kota DKI Jakarta.

" Kaya akan manfaat dan sangat menyehatkan"

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, salah satu produk olahan hasil pertanian perkotaan adalah pembuatan smoothies.

"Minuman ini kaya akan manfaat dan sangat menyehatkan. Smoothies bisa dibuat dari sayuran jenis pakcoy hingga kembang teleng yang merupakan tanaman obat," ujarnya, di Balkot Farm, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/10).

Darjamuni menjelaskan, minuman smoothies ini digagas dalam rangka melakukan diversifikasi olahan agar tanaman sayuran dan herbal bisa disukai oleh anak-anak.

"Smothies itu juga ditambah dengan bahan lain agar rasanya semakin enak dan bisa dikonsumsi siapa saja," terangnya.

Ia berharap, urban farming seperti Balkot Farm yang dikembangkan untuk budi daya tanaman sayuran, herbal, dan buah, bisa menjadi contoh bagi siapapun dalam memanfaatkan lahan sempit.

"Tahun ini kita beri contoh hidroponik kepada ibu-ibu PKK. Tahun depan kita akan coba terapkan hidroponik generik yang peralatannya berasal dari barang bekas, tapi masih terjamin kebersihan dan keamanannya," tandasnya.

TOP