19 Rumah Pompa di Jakut Siap Antisipasi Dampak Musim Hujan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 15 Oktober 2019 00:06 WIB | Dibaca 485 kali
19 Rumah Pompa di Jakut Siap Antisipasi Dampak Musim Hujan (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara memastikan, 19 rumah pompa dengan kekuatan total 38 pompa stationer siap beroperasi maksimal untuk mengantisipasi dampak musim hujan.

"Seluruh pompa pengendali air berfungsi normal, "

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Utara, Adrian Mata Maulana menegaskan, seluruh mesin pompa pengendali air berfungsi normal. Keseluruhannya dapat digunakan jika terjadi luapan air akibat intensitas hujan yang tinggi.

"Seluruh pompa pengendali air berfungsi normal. Setiap pekannya kita selalu update perkembangan kondisi mesin," katanya, Senin (14/10).

Dia menyebutkan, dari total 38 mesin pompa yang ada, dua di antaranya sedang dalam perbaikan. Namun, dia memastikan dua mesin tersebut sudah siap dioperasikan pada saat puncak musim hujan nanti.

Kedua unit pompa yang tengah dalam perbaikan yakni satu unit mesin berkapasitas 2.000 liter per detik di Rumah Pompa Pinang, Koja dan satu unit mesin pompa berkapasitas 500 liter per detik di Rumah Pompa Kapuk 3.

"Dua mesin dalam perbaikan hanya tergolong rusak ringan. Hanya butuh penggantian klep saja," jelasnya.

Sementara untuk pompa mobile dan portable, dipastikan terdapat lima mesin dalam kondisi baik. Sedangkan enam lainnya mengalami rusak ringan dan dalam proses perawatan.

"Pompa mobile dan portable totalnya ada 11 unit berkapasitas dari 100-400 liter per detik. Seluruhnya berfungsi normal meski ada beberapa pompa yang dalam perawatan," tandasnya.

TOP