Anggota DPD RI Dukung Anies Terus Tambah Jalur Sepeda

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 13 Oktober 2019 17:39 WIB | Dibaca 786 kali
Anggota DPD RI Dukung Anies Terus Tambah Jalur Sepeda (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal DKI Jakarta, Sylviana murni sangat mendukung dan mengapresiasi upaya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang terus menambah jalur khusus untuk sepeda.

"K eamanan dan kenyamanan bagi pengguna sepeda. "

Sylvi mengatakan, jalur sepeda itu sangat penting sebagai bagian terintegrasi untuk meningkatkan kualitas udara dan lebih mengajak warga Jakarta menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi.

"Semasa saya menjabat Wali Kota Jakarta Pusat, bersama Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi ketika itu kami sudah memulai pembuatan jalur sepeda. Alhamdulillah, sekarang bisa dilakukan lebih masif lagi," ujarnya, Minggu (13/10).

Menurutnya, dengan adanya jalur khusus akan dapat lebih banyak menarik minat masyarakat untuk menggunakan sepeda.

"Pemprov DKI semakin menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna sepeda. Itu tentu menjadi daya tarik yang baik," terangnya.

Sylvi menjelaskan, untuk menyukseskan penggunaan sepeda itu memang diperlukan kerja sama dari tiga pilar yang meliputi unsur pemerintah, pengusaha, dan masyarakat.

"Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat perlu terus digencarkan," ungkapnya.

Ia menambahkan, selain kendaraan ramah lingkungan, upaya peningkatkan kualitas udara juga perlu diikuti dengan langkah lain seperti, tidak membakar sampah sembarangan, serta mengurangi konsumsi yang mengandung freon (Klorofluorokarbon) dari alat pendingin ruangan.

"Saya bersama Lions Club yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta telah mengadakan World Clean Up Day sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan," tandasnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI telah mengoperasionalkan jalur khusus sepeda Fase 1 sepanjang 25 kilometer dengan lintasan dari Jalan Pemuda (Jakarta International Velodrome), Jalan Pramuka, Jalan Proklamasi, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan M.H Thamrin, dan Jalan Medan Merdeka Selatan (Balai Kota DKI Jakarta).

Kemudian, untuk Fase II juga sudah diuji coba pada Sabtu (12/10). Rute lintasan sepanjang 23 kilometer meliputi Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim dan Jalan Fatmawati Raya.

Sedangkan, untuk Fase III sepanjang 15 kilometer meliputi, Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Jatinegara Timur, rencananya akan diuji coba pada November mendatang.

TOP