Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Sasar Peserta Didik

Reporter : Suparni | Editor : Erikyanri Maulana | Jumat, 04 Oktober 2019 13:49 WIB | Dibaca 556 kali
Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Sasar Peserta Didik (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu terus menggencarkan sosialisasi pencegahan kebakaran, khususnya bagi para peserta didik.

"peserta didik SMPN 285 Jakarta wajib memiliki keterampilan dasar siaga bencana untuk menjamin keselamatan, "

Seperti dalam sosialisasi yang berlangsung di SMPN 285 Jakarta, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan. Selain diberikan teori, sekitar 100 peserta yang teridiri dari guru dan murid juga melakukan praktik penanganan kebakaran.

"Dalam simulasi peserta kita ajarkan cara menyelamatkan diri, penyelamatan terhadap korban dan evakuasi hingga cara mengatasi kebakaran secara dini," ujar Satriadi Gunawan, Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Jumat (4/10).



Menurutnya, dalam simulasi, telah dibuatkan skenario hingga memudahkan peserta untuk menangkap materi yang diajarkan oleh petugas. Dalam simulasi penanganan kebakaran peserta juga diajarkan menggunakan alat tradisonal maupun alat pemadam api ringan (APAR).



Sementara itu, Kepala SMPN 285 Jakarta, Ilyas menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang telah memberikan pelatihan melalui sosialisasi dan simulasi kebakaran kepada guru dan siswanya.



"Sebagai salah satu sekolah ramah anak, peserta didik SMPN 285 Jakarta wajib memiliki keterampilan dasar siaga bencana untuk menjamin keselamatan," tandasnya.



TOP