Bank Sampah di Kebagusan Kembali Diaktifkan

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Minggu, 22 September 2019 17:26 WIB | Dibaca 628 kali
Bank Sampah di Kebagusan Kembali Diaktifkan (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan tengah mengaktifkan kembali bank sampah di seluruh lingkungan RW yang tersebar di  wilayahnya.

" Di Kebagusan ada delapan RW. Dari April 2019 diaktifkan kembali semuanya"

Bank sampah yang diaktifkan kembali di antaranya Bank Sampah Flamboyan di RW 02 dan Bank Sampah LPS 04 di RW 04.

"Di Kebagusan ada delapan RW. Dari April 2019 diaktifkan kembali semuanya. Tapi yang sudah lakukan penimbangan ada dua bank sampah," ujar Mohamad Yohan, Sekretaris Kelurahan Kebagusan, Minggu (22/9).

Ia menjelaskan, di Bank Sampah Flamboyan dan Bank Sampah LPS 04, sampah yang dikumpulkan warga sudah dilakukan penimbangan.

"Bank Sampah LPS 04 sudah dapat Rp 1,2 juta untuk penimbangan perdana," ucapnya.

Menurut Yohan, di masing-masing bank sampah, terdapat lima hingga petugas pengelola. Mereka mengelola sampah yang dikumpulkan warga dari rumah. Sampah tersebut kemudian dipilah antara sampah kering dan sampah basah serta sampah organik dan sampah anorganik

"Bank Sampah diaktifkan lagi untuk mendidik warga agar bisa memilah sampah sesuai jenisnya. Bahkan sampah ada yang bisa diolah lagi menjadi barang kerajinan," tuturnya.

Sementara itu Lurah Kebagusan, Leo Yudhantara menambahkan, sampah merupakan produk limbah manusia yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Ke depan, warga diharapkan bisa memahami cara mengolah sampah yang tepat melalui bank sampah

"Sebelumnya kami juga sudah melakukan sosialisasi dan pengarahan terkait Bank Sampah tersebut kepada para warga," tandasnya.

TOP