Parkir Pengunjung Zona A PBB Setu Babakan Digratiskan

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 15 September 2019 12:58 WIB | Dibaca 391 kali
Parkir Pengunjung Zona A PBB Setu Babakan Digratiskan (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Bertepatan dengan Perayaan Milad ke-19 Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, area parkir di di Zona A PBB Setu Babakan Jalan Moch Kahfi II, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, digratiskan untuk pengunjung.

"Supaya pengunjung semakin banyak "

Kastlak Pelayanan Informasi Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan, Bayu Permana mengatakan, pembebasan biaya parkir di area tersebut dilakukan berdasarkan permintaan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

"Parkir kalau untuk yang di zona A ini tanpa dipungut biaya sesuai arahan Pak Gubernur. Sementara, kalau untuk yang di area setu atau danau itu memang dikelola oleh masyarakat setempat," ujarnya Minggu (15/9).

Selain itu, Bayu menjelaskan, sesuai arahan Anies melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Kawasan PBB Setu Babakan tidak dipungut retribusi.

"Tujuannya, agar para pengunjung, khususnya mereka yang mau melihat Museun Betawi bisa semakin banyak," ungkapnya.

Menurutnya, pada perayaan Milad kali ini, UPK PBB Setu Babakan juga menyediakan 19 tumpeng yang berasal dari masyarakat, pengelola dan forum Pengkajian dan Pengembangan (Jibang) yang akan dibagikan gratis kepada pengunjung. 

"19 tumpeng ini adalah simbolis usia PBB Setu Babakan," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini masih menghimpun koleksi dari masyarakat dan para tokoh yang memiliki koleksi benda bersejarah atau berkaitan dengan Betawi yang ingin disumbangkan sebagai koleksi museum.

"Kita sudah masuk pada tahap perencanaan tata pamer museum. Mudah-mudahan sebagai lokasi wisata edukasi PBB Setu Babakan semakin banyak pengunjung,"  tandasnya.

TOP