UPK PBB Setu Babakan Adakan Gladi Resik Milad ke-19

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 15 September 2019 11:38 WIB | Dibaca 1343 kali
UPK PBB Setu Babakan Adakan Gladi Resik Milad ke-19 (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, menggelar gladi resik untuk memastikan perayaan Milad ke-19 PBB Setu Babakan berjalan dengan lancar.

" Kami ingin seluruh rangkaian acara berjalan lancar"

Pantauan beritajakarta.id, puluhan pengisi acara terlihat sibuk sejak pukul 07.00 WIB di Zona A PBB Setu Babakan untuk mementaskan tarian Gereget Nandak yang akan dipentaskan sebagai tarian penyambutan para undangan. 

Kasubag TU PBB Setu Babakan, Syaiful mengatakan, tarian Gereget Nandak merupakan tarian ondel ondel yang dimodifikasi berpasangan antara abang dan mpok untuk memperlihatkan kecerian anak-anak Betawi. 

"Ini rencananya untuk opening. Kami ingin seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar," ujarnya, Minggu (15/9).

Menurutnya, untuk menampilkan tarian tersebut, pihaknya melibatkan para pekerja maupun seniman yang sehari-hari beraktivitas di PBB Setu Babakan.

"Ada petugas kebersihan hingga petugas keamanan yang kami libatkan. Nanem sawi kudu kita airin, petik pepaya di pagi hari. budaya Betawi kudu kita lestariin, kalau bukan kita siapa lagi," ungkapnya.

Ia menambahkan, melalui Milad ke-19 PBB Setu Babakan ini pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat bisa turut serta melestarikan kebudayaan bersama. 

"Harapan saya ingin pakem atau kaidah Betawi tetap dilestarikan oleh seluruh lapisan masyarakat secara bersama dan berkesinambungan. Kami berharap wisatawan lokal dan asing bisa semakin banyak yang datang ke sini," tandasnya.

Untuk diketahui, Milad ke-19 PBB Setu Babakan akan dimeriahkan dengan pentas seni budaya Betawi, pemotongan tumpeng, dan doa bersama. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dijadwalkan juga akan hadir dalam perayaan Milad ke-19 PBB Setu Babakan tersebut.

TOP