Kompetisi Festival Akustik Betawi Berhadiah Total Rp 30 Juta

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 12 September 2019 10:15 WIB | Dibaca 588 kali
Kompetisi Festival Akustik Betawi Berhadiah Total Rp 30 Juta (Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta melalui UP Anjungan dan Graha Wisata mengadakan Kompetisi Festival Akustik Betawi di Anjungan Provinsi DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 14-15 September 2019 dengan total hadiah mencapai Rp 30 juta.

" Pemenang berhak atas piala dan piagam"

Kepala UP Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Fadlan Zuhran mengatakan, ada sekitar 30 peserta atau grup yang akan berkompetisi. Setiap grup akan membawakan dua buah lagu yakni, lagu wajib dan lagu pilihan bebas.

Peserta bisa memilih satu lagu wajib yang sudah ditentukan yaitu, Keroncong Kemayoran, Sirih Kuning, Sang Bango, Nonton Bioskop, dan Surilang. Sedangkan, untuk lagu bebas bisa hasil ciptaan sendiri atau karya orang lain yang diaransemen ulang.

"Durasi penampilan maksimal 15 menit untuk dua lagu, termasuk check sound. Jika melebihi durasi waktu akan dikenakan sanksi pengurangan nilai," ujarnya, Kamis (12/9).

Fadlan menambahkan, peserta diperbolehkan membawa alat musik sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing seperti, tehyan, sukong, suling, dan yang lainnya. Sementara, panitia menyiapkan gitar, kontra bas, cajon, konga atau bongo, dan gendang masing-masing satu unit.

"Selain hadiah berupa uang tunai, pemenang berhak atas piala dan piagam," tandasnya.

Untuk diketahui, kompetisi ini terbuka untuk umum dengan persyaratan peserta berusia maksimal 40 tahun, peserta atau grup berjumlah minimal lima orang dan maksimal tujuh orang, berdomisili di Jakarta, ber-KTP DKI Jakarta, memiliki rekening Bank DKI, serta NPWP.

TOP