Aplikasi Layanan Lansia RSUD Tugu Koja Jadi Percontohan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 14 Agustus 2019 20:36 WIB | Dibaca 1197 kali
Aplikasi Layanan Lansia RSUD Tugu Koja Jadi Percontohan  (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Aplikasi layanan e-ladies bagi pasien lansia dan disabilitas yang diterapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugu Koja, Jakarta Utara, dijadikan percontohan dan akan diterapkan ke RSUD lain di DKI Jakarta.

"Implementasi di RSUD Tugu Koja ini bisa diaplikasikan ke RSUD lain, "

Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Khafifah Any mengatakan, pihaknya sudah mendorong seluruh RSUD menampilkan inovasi untuk mempermudah dan meningkatkan layanan bagi masyarakat.

"Implementasi di RSUD Tugu Koja ini bisa diaplikasikan ke RSUD lain. Tidak hanya di Jakarta Utara tapi juga diduplikasi ke RSUD di wilayah lain," katanya, Rabu (14/8).

Meski belum bisa menerapkan layanan sesuai aplikasi e-ladies, lanjut  Khafifah, RSUD lain diharapkan dapat menerapkan kebijakan ramah pada disabilitas dan lansia.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman menambahkan, aplikasi ini mempermudah lansia dalam memeriksakan dan menjaga kesehatannya sehingga bisa menjalani hidup sehat serta bahagia

Karena itu, lanjut Wawan, pihaknya akan lebih mengintensifkan sosialisasi pada masyarakat agar bisa mengakses layanan aplikasi e-ladies.

"Selain melalui perangkat masyarakat, sosialiasasi akan kita lakukan di setiap kesempatan yang memungkinkan," ujarnya.

Direktur Umum RSUD Tugu Koja. Nailah menjelaskan, ada empat menu dalam aplikasi ini, yaitu Ladies Call, Ladies Mall, Ladiea Roll dan Ladies Go.

Menu Ladies Call untuk memfasilitasi lansia dan disabilitas melakukan konsultasi melalui aplikasi, Ladies Mall mengingatkan waktu mengkonsumsi obat, Ladies Roll mengingatkan waktu kunjungan dan Ladies Go layanan pengantaran obat.

"Kami sudah siapkan unit khusus, didukung kendaraan operasional satu unit motor dan mobil untuk malayani pasien yang membutuhkan layanan antar obat serta layanan lain terkait aplikasi," tandasnya.

TOP