Pengukuhan Anggota Baru HIPMI Jaya, Anies Ingin Pengusaha Kelas Dunia Tumbuh dari Jakarta

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 07 Agustus 2019 19:05 WIB | Dibaca 507 kali
Pengukuhan Anggota Baru HIPMI Jaya, Anies Ingin Pengusaha Kelas Dunia Tumbuh dari Jakarta (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap pengusaha kelas dunia dapat tumbuh dan berkembang dari Ibu Kota yang menjadi ekosistem pergerakan ekonomi Indonesia. 

"Jangan hanya menjadi pemain lokal, "

Pernyataan tersebut disampaikan Anies dalam kegiatan pengukuhan lebih dari 300 anggota baru Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) angkatan 2019 di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (7/8).

"Jadi, HIPMI sebuah organisasi yang kalau kita lihat hari ini, pengusaha-pengusaha dari generasi awal dari HIPMI sudah menjadi pengusaha-pengusaha matang, bukan hanya pemain domestik, tapi sebagian sudah masuk dalam pemain level global. Karena itu, harapan saya bagi adik-adik semua yang baru memulai sekarang di dalam HIPMI, bersiaplah! Jangan hanya menjadi pemain lokal. Jangan hanya domestik. Tapi, siap-siap untuk menjadi pemain level global. Itu harapannya," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Anies mengapresiasi HIPMI Jaya sebagai wadah yang memfasilitasi usaha-usaha anak muda untuk tumbuh berkembang menjadi lebih besar, dari bisnis berskala mikro dapat meningkat menjadi skala kecil, menengah hingga besar.

Untuk itulah, Anies menyarankan pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI terus menghasilkan inovasi dengan terus mempertanyakan segala hal secara kritis, mencari tahu, dan berpikir out of the box.

"Kita berharap di Pemprov DKI Jakarta, kita akan fasilitasi. Kita tidak berencana mengecilkan yang besar. Yang besar dibiarkan tumbuh besar, tapi kita berencana membesarkan yang kecil. Dari HIPMI, kita berharap diberikan masukan, hal-hal yang perlu kita perbaiki secara regulasi, sehingga perekonomian di Jakarta bisa bergerak lebih adil. Kalau kompetisi ekonominya, silahkan pelaku pasar untuk mengisi. Bagian kita adalah menciptakan equal playing field (ruang berkarya yang setara). Itu yang kita lakukan sama-sama. Dengan begitu tumbuh semuanya berkembang dengan baik," terangnya.

Sementara, Ketua Umum HIPMI Jaya, Afifuddin Suhaeli Kalla menuturkan, pengusaha muda baru yang terdaftar dalam HIPMI Jaya pada tahun 2019 merupakan jumlah yang terbanyak selama kepengurusan HIPMI Jaya masa bakti 2017-2020. Afif Kalla juga bersyukur Pemprov DKI Jakarta selalu mendukung wirausaha muda Jakarta selama kepengurusannya di HIPMI Jaya.

"Jadi, memang hari ini kita menerima lebih dari 300 pengusaha muda baru yang juga ini adalah pelantikan kelima di Balai Kota semenjak kepengurusan saya dan selalu dihadiri oleh Pak Gubernur. Semoga sesuai dengan pesan pak Gubernur tadi, pengusaha-pengusaha ini bisa naik kelas, jadi pengusaha kecil ke pengusaha menengah, dan dari pengusaha menengah ke pengusaha besar," tandasnya.

TOP