Pameran dan Kontes Ikan Hias Dikunjungi 6.000 Orang

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 05 Agustus 2019 12:16 WIB | Dibaca 607 kali
Pameran dan Kontes Ikan Hias Dikunjungi 6.000 Orang (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Pameran dan Kontes Ikan Hias yang digelar di parkir mal Plaza Kalibata, Jakarta Selatan, diminati masyarakat. Tercatat, sebanyak 6.000 orang mengunjungi acara yang digelar pada 31 Juli-4 Agustus 2019.

" "

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, Pameran dan Kontes Ikan Hias ini dilaksanakan mal dengan tujuan menjaring masyarakat di awal kebangkitan bisnis usaha ikan hias ini.

"Mal dipilih karena menjadi salah satu pusat keramaian. Jadi selain yang memang pehobi ikan hias, pengunjung mal juga bisa tertarik," ujarnya, Senin (5/8).

Menurutnya, kegiatan ini menjadi momen kebangkitan industri atau bisnis ikan hias di Jakarta sejak vakum tahun 2006 silam. Melihat antusiasme pengunjung, Dinas KPKP DKI Jakarta berencana kembali mengadakan kegiatan serupa tahun depan dengan skala yang lebih besar.

"Kami akan bersinergi dengan berbagai pihak agar kegiatan seperti ini ke depan bisa sering diselenggarakan," terangnya.

Darjamuni menjelaskan, 20 dari 53 stan yang ikut serta pada Pameran dan Kontes Ikan Hias di mal Plaza Kalibata melaporkan omzet penjualan mereka selama lima hari pelaksanaan mencapai Rp 60 juta.

"Ada perputaran uang yang lumayan besar. Ini juga menggerakkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan, Dinas KPKP DKI Jakarta akan menggencarkan sosialisasi usaha atau bisnis ikan hias kepada generasi milenial. Pasalnya, bisnis atau usaha ikan hias cukup.menjanjikan sebagai sumber penghasilan utama maupun tambahan.

"Ini suatu hal yang sangat baik dan semangat bagi kami akan membangkitkan produksi ikan hias. Sehingga, ini merupakan kebangkitan ikan hias yang menjadi produk unggulan Jakarta," tandasnya.

TOP