Kemendagri Serahkan 21 Alumni IPDN ke Pemprov DKI

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Andry | Rabu, 31 Juli 2019 20:19 WIB | Dibaca 814 kali
Kemendagri Serahkan 21 Alumni IPDN ke Pemprov DKI (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) menyerahkan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXV ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

" Kebetulan saya kebagian mengantarkan di Jakarta,"

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar Baharuddin mengatakan, penyerahan lulusan IPDN hari ini dilakukan serentak di 34 provinsi di Indonesia. Lulusan IPDN angkatan XXV seluruhnya ada 1.456 orang.

"Kebetulan saya kebagian mengantarkan di Jakarta. Di Pemprov DKI Jakarta ada 21 orang yang sudah diserahkan," ujarnya di Balaikota DKI, Rabu (31/7).

Ia menjelaskan, seluruh alumni IPDN yang diserahkan ini tidak dikembalikan ke daerah asal pendaftaran. Artinya, bila mereka mendaftar di DKI, maka harus bertugas di provinsi lain.

"Prinsipnya ditukar antar provinsi. Jadi yang dari Sulawesi tugas di Pulau Jawa, Jawa di Kalimantan. Termasuk yang 21 orang ini asal usulnya dari luar DKI Jakarta," tuturnya.

Menurutnya, alumni IPDN ini memang disiapkan secara baik untuk bekerja di pemerintahan. Siswa sebelumnya mendapat pola pengajaran, pelatihan dan pengasuhan. 

"Kami harapkan mereka menjadi agen perubahan di daerah. DKI Jakarta sendiri telah melakukan reformasi birokrasi secara baik," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir menerima penyerahan 21 alumni IPDN. Penempatan mereka sendiri akan diputuskan setelah proses assessment dan orientasi selama 30 hari sebelum diberikan praktik lapangan.

"Kalau sudah tepat baru kami akan tetapkan ke SKPD.  Bisa juga ke kota administratif, badan atau dinas. Intinya yang sesuai dengan latar belakang mereka," tandasnya.

TOP